Polisi di Lanny Jaya Sita 8 Unit HT yang Diduga Milik Simpatisan KKB

Polres Lanny Jaya saat merilis temuan 8 unit radio HT yang diduga milik simpatisan KKB di wilayah itu. (Foto: Dok Polres Lanny Jaya)
Polres Lanny Jaya saat merilis temuan 8 unit radio HT yang diduga milik simpatisan KKB di wilayah itu. (Foto: Dok Polres Lanny Jaya)

TIMIKA | Kepolisian Polres Lanny Jaya menyita 8 unit alat komunikasi berupa Handy Talky (HT) yang diduga milik simpatisan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) saat melakukan razia cipta kondisi pada hari Jumat, 3 Maret 2023.

Operasi cipta kondisi gabungan dengan Satgas Operasi Damai Cartenz dilakukan didepan Mapolres Lanny Jaya dipimpin Kepala Satuan Reskrim, Ipda Yoga Dwi Arjuna.

Terkait temuan alat komunikasi, Kapolres Lanny Jaya AKBP Umar Nasatekay mengatakan itu ditemukan dalam salah satu mobil jenis Triton yang berisi tujuh orang penumpang.

Advertisements

“Kita melakukan penggeledahan untuk menemui barang-barang yang mencurigakan sebagai upaya preventif,” kata AKBP Umar, pada Sabtu, 4 Maret 2023.

Saat itu pihaknya menemukan sebuah tas berisi delapan unit HT dan sebuah pisau. Anggota kemudian melakukan pemeriksaan terhadap tujuh orang penumpang dan memeriksa telepon seluler untuk mendalami hasil temuan tersebut.

“Tidak ada satu pun yang mengaku sebagai pemilik alat komunikasi itu, salah satu penumpang berinisial TK mengaku bahwa dititipkan oleh seseorang tidak dikenal di Wamena untuk dibawa ke Kampung Kuyagawe, Kabupaten Lanny Jaya,” ujarnya.

Kapolres menduga pemilik alat komunikasi tersebut merupakan simpatisan dari kelompok kriminal bersenjata (KKB). Yangmana HT tersebut pun diduga akan diberikan kepada KKB di wilayah itu.

“Kita duga pemiliknya simpatisan KKB,” kata Kapolres.

Para penumpang yang tadinya sempat diperiksa kemudian dipersilakan melanjutkan perjalanan. Namun, Polres Lanny Jaya akan terus melakukan pengembangan terkait temuan alat komunikasi tersebut.

“Kita akan terus kembangkan dan melakukan razia dalam rangka mengendalikan situasi di wilayah Lanny jaya agar aman dari aksi kriminalitas KKB,” pungkasnya.

Advertisements

 

penulis : Arifin Lolialang
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *