Polres Mimika Nyatakan Siap Kawal Pilkada 2024

Kapolres Mimika AKBP I Komang Budiartha saat menyematkan tanda peserta pelatihan Pra Operasi Mantap Praja II yang digelar di Aula Mapolres Mimika, Jalan Agimuga, Mile 32, Kuala Kencana, Mimika, Provinsi Papua Tengah. (Foto: Humas Polres Mimika)

TIMIKA, Seputarpapua.com | Pelatihan pra operasi Mantap Praja II 2024-2025 atau pengamanan tahap inti Pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Mimika tahun 2024, melibatkan personil Polres Mimika dan Batalyon B Pelopor Brimob Polda Papua.

Kapolres Mimika AKBP I Komang Budiartha membuka secara resmi pelatihan yang digelar di Aula Mapolres Mimika jalan Agimuga, Mile 32, Senin (12/8/2024).

Kapolres menjelaskan, pelatihan tersebut terdiri dari tiga tahap, yaitu cipta kondisi, latihan pra operasi dan pengecekan kesiapan personil, sarana prasarana juga administrasi untuk pengamanan Pilkada Kabupaten Mimika.

“Operasi Mantap Praja diawali dengan cipta kondisi, jilid II itu latihan pra operasi yang dimulai hari ini, tunjuannya untuk mempersiapkan pengamanan dalam penyelenggaraan Pilkada serentak di wilayah Mimika,” ungkapnya saat ditemui wartawan usai membuka pelatihan di Mapolres Mimika.

Ditanya soal kesiapan pengamanan jelang Pilkada 2024 yang tahapan pendaftaran mulai dibuka pada 27-29 Agustus 2024, Kapolres menegaskan kesiapan personelnya.

“Kalau kami sudah siap mengamankan Pilkada Mimika 2024, karena perencanaan kita juga sudah matang, berawal dari Latihan Laporan Operasi (Latpraops), TFG (Tactical Floor Game), dilanjutkan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), itu semua instansi kita akan libatkan,” terangnya.

Kapolres melanjutkan, Polres Mimika juga akan melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait untuk memantapkan pengamanan Pilkada 2024.

“Nanti ada seperti, BMKG, Basarnas, Telkom, PLN, serta Satpol PP, juga teman kita dari Kodim (TNI) untuk mendukung kita (dalam pengamanan),” tutupnya.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan