Sebelum Diresmikan Presiden, Menhub Tinjau Progres Bandara Douw Atarure Nabire

Sebelum Diresmikan Presiden, Menhub Tinjau Progres Bandara Douw Atarure Nabire
Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi meninjau progres pembangunan bandara Douw Atarure baru di Kampung Karadiri, Nabire, Papua Tengah, Rabu 22/11/2023 (Foto: Christian Degei/seputarpapua))

NABIRE | Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi meninjau progres Bandar Udara (Bandara) Douw Atarure baru di Karadiri, Nabire, Papua Tengah, Rabu (22/11/2023).

Peninjauan itu dilakukan karena direncanakan Bandara Douw Atarure baru itu akan diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada Kamis 23 November 2023 secara virtual.

Rombongan Menhub Budi disambut Penjabat Gubernur Papua Tengah yang diwakili Pj Sekda Papua Tengah, Anwar H. Damanik, Kadis Perhubungan Tengah Zakharias. F. Marey, Kadis PUPR Yan Ukago, Bupati Nabire Mesak Magai, Kapolres AKBP I Ketut Suarnaya, dan Kepala Suku Besar Wate Alex Raiki.

Menhub Budi mengatakan, Kunker pihaknya dalam rangka rencana pengoperasian dan peresmian Bandara Udara (Bandara) Baru tersebut.

“Kunjungan kerja kami merupakan rangkaian agenda kerja, yakni salah satu rencana peresmian dan pengoperasian bandara baru ini,” kata dia.

Menurutnya, pembangunan Bandara ini dibangun berdasarkan kolaborasi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten Nabire melalui APBN.

“Untuk diketahui bahwa Nabire adalah ibu kota Provinsi Papua Tengah, maka pemerintah membangun bangunan yang cukup besar dan runway yang memang 1.600 meter sehingga ultimatenya kita lakukan dengan panjang dan lebih panjang,” ujarnya.

Ia berharap kepada masyarakat Papua Tengah dengan hadirnya Bandara tersebut semakin meningkat keinginan menggunakan pesawat udara, sehingga jumlah minat menggunakan pesawat udara menjadi baik.

Ia mengimbau untuk melakukan efisiensi daripada pergerakan untuk menggunakan pesawat udara sesuai dengan mekanisme agar penerbangan di wilayah Papua Tengah tetap lancar untuk melayani masyarakat.

“Saya harapkan proyek ini berguna bagi masyarakat Papua Tengah,” harap dia.

Ia menegaskan, setelah diresmikan Presiden Joko Widodo akan dinyatakan mulai bisa beroperasi Bandara tersebut.

“Tetapi operasinya kapan, kami akan serahkan kepada Pemerintah Daerah untuk beberapa hal yang perlu diselesaikan Pemda,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Presiden RI, Joko Widodo akan diresmikan dua Bandara, yakni Bandara Douw Atarure baru di Karadiri, Papua Tengah, dan Bandara Siboru di Fak-Fak, Papua Barat

penulis : Christian Degei
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *