Sejak 2 Januari 2022, BMKG Catat Gempa di Jayapura Sudah 806 Kali

TIMIKA | Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali merilis gempa bumi tektonik berkekuatan 4,9 Magnitude dirasakan di Kota Jayapura, Papua pada hari Minggu, 22 Januari 2023 pukul 18:44:45 WIT.

BMKG dalam keterangannya menyebut hasil analisis menunjukkan gempa bumi ini terletak pada koordinat 2.5° LS dan 140.71 ° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 13 km Timur Laut Kota Jayapura, Papua dengan kedalaman 10 km.

Kepala Balai Besar MKG Wilayah V
Yustus Rumakiek, S.Si menjelaskan, jenis dan mekanisme gempa bumi dengan memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter dan mekanisme patahan.

Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal yang melintas di wilayah Kota Jayapura.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan oleh masyarakat di daerah Kota Jayapura dengan skala intensitas III-IV MMI.

“Pada siang hari dirasakan oleh banyak orang dalam rumah, pada malam hari terbangun, piring dan gelas dapat pecah, jendela dan pintu berbunyi, dinding berderik karena pecah-pecah,” kata Yustus Rumakiek.

Untuk daerah Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom dengan skala intensitas III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu namun belum ada laporan kerusakan.

Berdasarkan hasil pengamatan BMKG sejak 2 Januari 2023 hingga Minggu, 22 Januari 2023 19:15 WIT, telah terjadi gempa bumi di wilayah sekitar Kota Jayapura sebanyak 806 kali dengan 68 kejadian diantaranya dirasakan oleh masyarakat.

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Kemudian menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali kedalam rumah.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Kristin Rejang
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.