Temianus Magayang Dikenal Sadis saat Beraksi

PERAWATAN | Temianus Magayang saat mendapatkan perawatan medis pasca di tangkap Satgas Nemangkawi. (Foto: Humas Polda Papua)
PERAWATAN | Temianus Magayang saat mendapatkan perawatan medis pasca di tangkap Satgas Nemangkawi. (Foto: Humas Polda Papua)

JAYAPURA | Tertangkapnya Temianus Magayang alias Demius Magayang yang merupakan salah satu tokoh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Yahukimo, Papua, membuat situasi keamanan di Distrik Dekai, menjadi lebih kondusif.

Direskrimum Polda Papua Kombes Faizal Ramadhani mengungkapkan bila Temianus Magayang masuk dalam struktur Komando Daerah Pertahanan (Kodap) XVI Yahukimo dibawah panglima Elkius Kobak.

Posisi Temianus dalam kelompok tersebut dikatakannya cukup penting.

“Temianus Magayang merupakan bagian KKB Yahukimo. Dalam kelompok tersebut ada tiga tokoh, yaitu Senat Soll, Temianus Magayang dan Erik Pahabol. Mereka dibawah Panglima Kodap XVI Yahukimo Elkius Kobak,” ujar Faizal di Jayapura, Senin (29/11/2021).

Jabatan yang dipegang Temianus adalah Komandan Operasi. Namun dalam beraksi, ia kerap jalan bersama Senat Soll yang sudah lebih dulu tertangkap dan telah meninggal dunia.

Saat Senat Soll tertangkap, terang Faizal, aparat keamanan sempat mengorek keterangan dari tersangka mengenai beberapa aksi kriminal yang dilakukan KKB di Yahukimo dalam dua tahun terakhir.

Dari keterangan tersebut diketahui bila Temianus Magayang adalah sosok yang sadis dan kerap berperan sebagai eksekutor.

“Keterangan dari Senat Soll, Temianus yang melakukan pembacokan, dia juga yang mengundang Tendius Gwijangge masuk ke Yahukimo,” kata dia.

Faizal juga menyebut Temianus adalah sosok yang membunuh Staf KPUD Yahukimo Hendry Jovinski dan pekerja bangunan Amirulloh pada 2019.

Dengan tertangkapnya Temianus, Faizal berharap situasi keamanan di Yahukimo bisa kembali kondusif karena tersnagka bersama Senat Soll merupakan otak dari berbagai aksi kriminal di wilayah tersebut.

“Senat Soll dan Temianus Magayang sering melakukan kegiatan bersama-sama, mereka merupakan perancang/otak aksinya,” kata dia.

Temianus Magayang merupakan salah satu otak dari berbagai aksi kriminal di Yahukimo.

Ia adalah sosok yang mengundang Tendius Gwijangge untuk datang ke Yahukimo dan melakukan serangkaian aksi bersama Senat Soll.

Sedangkan Senat Soll sudah meninggal di Jayapura pada 26 September 2021 karena luka tembak di kaki yang dideritanya saat ditangkap di Dekai pada 1 September 2021.

Senat Soll merupakan pecatan anggota TNI yang lari ke Yahukimo akibat terlibat aksi jual beli amunisi dengan KKB di Kabupaten Mimika pada 2018.

Sementara Tendius Gwijangge yang merupakan mantan anak buah Egianus Kogoya, Pimpinan KKB Nduga, kini berada di Distrik Suru-Suru.

Tendius diyakini menjadi aktor utama Penyerangan Koramil Persiapan Suru-Suru pada Sabtu (20/11/2021) pagi.

Kontak senjata sempat terjadi selama enam jam dan akibat kejadian tersebut, Sertu Ari Baskoro gugur.

Sementara Komandan Koramil Kapten Inf Arviandi mengalami luka tembak dan bacokan, kini dirawat di RST Marthen Indey Jayapura.

reporter : Wandi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.