Pesawat Hercules Mendarat di Bandara Dekai Angkut Logistik untuk TNI dan Warga

Pesawat Hercules milik TNI yang membawa sejumlah bahan logistik dan bantuan kemanusiaan bagi warga di Yahukimo. (Foto: Kapen Kogabwilhan III)

TIMIKA | TNI mengirimkan bantuan kemanusiaan berupa logistik atau bahan pangan untuk membantu masyarakat di Yahukimo, Papua, pasca terjadinya penembakan pesawat Wings Air di Bandara Nop Goliath oleh Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP), pada Sabtu 17 Februari 2024 yang membuat maskapai sementara enggan menuju ke lokasi.

Pangkogabwilhan III Letjen TNI Richard T.H Tampubolon melalui Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa, mengatakan saat ini Bandara Nop Goliath Dekai masih dalam pengawasan dan pengamanan ketat aparat keamanan.

Pesawat Hercules C-130 Skadron Udara 32, A – 1316 sudah terbang dan mendarat di bandara tersebut. Tujuan penerbangan itu dalam rangka melaksanakan misi kemanusiaan, yaitu mengirim logistik untuk Satuan Tugas (Satgas) TNI di Yahukimo serta untuk kebutuhan hidup masyarakat setempat.

“Iya benar hari ini telah dilaksanakan penerbangan Pesawat Hercules untuk misi kemanusiaan dengan membawa logistik untuk TNI dan juga untuk masyarakat yang ada di Yahukimo,” ujar Kapen Kogabwilhan III dalam keterangan tertulisnya yang diterima media ini, Senin (19/2/2024).

Suriastawa melanjutkan Bandara Nop Goliath merupakan urat nadi transportasi ke Yahukimo, sehingga sangat penting bagi masyarakat.

“Kasihan masyarakat kalau tidak ada pesawat yang terbang ke Dekai karena gangguan keamanan bandara oleh KSTP,” ujarnya.

Suriastawa menambahkan hal itulah yang membuat pimpinan TNI memberikan arahan untuk mengirimkan sejumlah bantuan kemanusiaan ke Yahukimo.

“Pimpinan TNI telah memberikan arahan demi membantu kesulitan masyarakat terkait suplai logistik ke Yahukimo, pengamanan bandara juga ditingkatkan setelah tejadinya insiden kemarin,” ungkapnya.

Suriastawa juga menyampaikan hingga saat ini pasukan TNI tetap bersiaga dan terus melaksanakan pengejaran terhadap Kelompok KSTP Yahukimo yang telah mencoba membuat gangguan keamanan di Bandara Nop Goliath.

“Kita sudah siagakan pasukan di Bandara, disamping pasukan yang melakukan pengejaran terhadap KSTP tersebut,” tutupnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, terjadi penembakan terhadap pesawat Wings Air oleh KSTP di Bandara Nop Goliath Dekai, Yahukimo, dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *