Dua BPJS Jalin Kerjasama Pelayanan Kesehatan

Dua BPJS Jalin Kerjasama Pelayanan Kesehatan
SOSIALISASI - Suasana sosialisasi yang digelar BPJS terkait pelayanan kesehatan pada fasilitas kesehatan di Mimika

TIMIKA I Badan Perlindungan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan menggelar sosialisasi bersama tentang pelayanan kesehatan program kecelakaan kerja dan jaminan kesehatan kepada fasilitas kesehatan di Mimika. Sosialisasi yang dipusatkan di Hotel Grand Tembaga, Sabtu (7/10/17) diikuti seluruh fasilitas kesehatan di Mimika.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Timika, Fauzie Usman mengatakan, sosialisasi ini sebagai tindaklanjut dari kerjasama antara BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan tentang koordinasi pelayanan kesehatan program kerja dan jaminan kesehatan yang dilakukan pada 19 Juli 2017 lalu. Karenanya pihaknya mengundang fasilitas kesehatan tingkat I dan II yang sudah menjadi rekanan pada BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan.

Kata dia, kerjasama ini dilakukan sebagai bentuk pelayanan bersama kepada peserta. Dimana banyak kejadian di lapangan, peserta BPJS Ketenagakerjaan saat dilayani fasilitas kesehatan tertentu menjadi tidak jelas. Dalam arti, apakah ini termasuk kecelakaan kerja atau bukan. Misalnya peserta tersebut pulang kerja tidak langsung pulang, tetapi jalan-jalan terlebih dahulu, kemudian mengalami kecelakaan dan dibawa ke fasilitas kesehatan. Namun fasilitas kesehatan tersebut kebingungan, apakah ini masuk kecelakaan kerja atau bukan. Sehingga peserta pun membayar sendiri. Sementara ruang lingkup kecelakaan kerja itu luas, mulai dari berangkat kerja sampai pulang, dan termasuk tugas ke luar kota.

“Dengan kerjasama ini, maka penjamin sudah tidak ada masalah, baik BPJS Ketenagakerjaan maupun BPJS Kesehatan. Tetapi kalau murni dan sudah diketahui kecelakaan kerja, maka penjaminnya adalah BPJS Ketenagakerjaan. Namun kalau belum jelas atau masih abu-abu, maka bisa dijamin oleh BPJS Kesehatan,”terangnya.(mjo/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *