8 Srikandi Papua Dipanggil Ikut Seleksi Timnas U-17

Pelatih Timnas U-17, Satoru Mochizuki. (Foto: PSSI)
Pelatih Timnas U-17, Satoru Mochizuki. (Foto: PSSI)

JAYAPURA | Delapan putri Papua dipanggil pelatih Timnas U-17 asal Jepang, Satoru Mochizuki untuk menjalani persiapan Piala AFC U-17 tahun 2024.

Pada gelombang pertama, empat pemain lebih dulu jalani seleksi yakni, Natasya Rumbino (Papua), Sofia Soll (Papua Pegunungan), Agusta Sirwutubun (Papua Selatan) dan Vicharia Wambrauw (Papua Selatan).

Kemudian pada tahap kedua, pemanggilan empat pemain berikutnya, yakni Alia Tabuni (Papua), Amelia Heselo (Papua), Rana Wandik (Papua), dan Zweta Sibi (Papua) dari 38 pemain yang dipanggil.
Kedelapan putri Papua ini dipanggil lantaran lolos penjaringan seleksi yang dilakukan oleh PSSI pada awal bulan Maret ini yang berlangsung di Stadion Mandala Jayapura.

Mereka akan bersaing untuk memperebutkan 35 slot komposisi pemain untuk Timnas Putri U-17 Indonesia.

Pemanggilan kedelapan putri Papua ini diapresiasi oleh Thomas Madjar selaku pelatih putri PON Papua. Dia menyebut bahwa pemanggilan ini tidak terlepas dari pembinaan sepakbola putri di tanah Papua.

“Ini karena pembinaan sepakbola putri di Papua, meski turnamen sepakbola untuk putri itu jarang dilakukan disini. Tapi mereka tidak bisa diragukan kualitasnya,” kata Thomas ditemui awak media, Minggu 31 Maret 2024.

Dia mengungkapkan bahwa talenta sepakbola putri Papua tidak pernah habis dan menjadi langganan untuk perkuat timnas Indonesia. Seperti dicontohkan Feny Binsbarek dan Liza Armanita Madjar.

“Saya harap mereka bisa tunjukan kemampuan mereka, karena dari sekian banyak yang jalani seleksi di Jayapura, mereka yang terpilih,” ujarnya.

Sebelumnya, Asisten pelatih Timnas Putri Indonesia Yopi Riwu mengatakan bahwa seleksi akan diambil 35 pemain dari seluruh Indonesia.

“Di TC itu juga ada promosi dan degradasi, untuk bisa ke sana kan harus lewat penjaringan atau seleksi ini yang nantinya mungkin akan disatukan di Jakarta dulu dan di seleksi lagi,” katanya.

Pada ajang Piala AFC U-17 2024 Indonesia menjadi tuan rumah, pada kompetisi tersebut, Indonesia satu grup bersama Korea Selatan, Korea Utara dan Filipina di grup A. Turnamen ini akan dimainkan di Bali pada tanggal 6 hingga 19 Mei 2024 mendatang.

penulis : Vidi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *