BPBD Mimika Punya Dua Mobil Damkar Kapasitas 10 ribu Liter

Mobil Damkar Kapasitas 10 ribu liter milik BPBD Mimika. (Foto: Anya Fatma /Seputarpapua)
Mobil Damkar Kapasitas 10 ribu liter milik BPBD Mimika. (Foto: Anya Fatma /Seputarpapua)

TIMIKA | Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah mempunyai dua unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) kapasitas 10 ribu liter.

Kepala BPBD Mimika, Mozes Yarangga menjelaskan, dua unit mobil pemadam kebakaran kapasitas 10 ribu liter ini adalah pengadaan di tahun 2023. Kedua unit mobil damkar ini dibeli dengan harga Rp5,7 miliar.

Dan di tahun ini mobilnya sudah berada di Mimika, dan langsung dilakukan pelatihan kepada petugas Damkar oleh teknisi dari perusahaan yang memproduksi mobil tersebut.

Pelatihan dilakukan di Lapangan Eks Pasar Swadaya, Jalan Yos Soedarso, Mimika, Rabu (21/2/2024).

“Dua kendaraan ini pengadaan 2023, namun kami saat ini baru bisa melakukan pelatihan langsung dengan tim teknis dari Jakarta,” kata Mozes kepada wartawan usai pelatihan.

Seperti diketahui, di Mimika terkadang kejadian kebakaran yang terjadi cukup besar, sehingga dengan adanya dua armada damkar yang baru ini bisa membantu penanganan lebih cepat.

Mozes mengungkapkan, BPBD saat ini memiliki delapan unit mobil pemadam dengan kapasitas mulai seribu liter, 5.000 liter, 8.000 liter dan yang terbaru 10.000 liter.

Mobil damkar bermerk Fire Doom ini merupakan model terbaru di tahun 2023.

Ia menambahkan, BPBD juga kedepan akan menempatkan mobil damkar di area Jalan Poros SP2-SP5 untuk mengantisipasi apabila terjadi kejadian bisa lebih cepat dijangkau.

penulis : Anya Fatma
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *