Dokumen Masterplan Kota Cerdas Mimika Masuki Tahap Finalisasi

Dokumen Masterplan Kota Cerdas Mimika Masuki Tahap Finalisasi
ILUSTRASI | Bundaran Petrosea

TIMIKA | Dokumen master plan Kota Cerdas “Smart City” Kabupaten Mimika sudah memasuki tahapan finalisasi, setelah sebelumnya dilakukan Forum Group Discussion (FGD) Revisi Masterplan pada 21 Juli 2023 lalu.

Hal ini disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Mimika melalui Kepala Seksi Pengembangan Aplikasi Indria Aprilia.

Indri menjelaskan master plan kota cerdas yang telah mencapai tahapan finalisasi ini disesuaikan dengan visi dan misi kepala daerah.

Advertisements

“(Masterplan) Kabupaten Mimika sudah memasuki evaluasi tahap dua, nanti yang akan dievaluasi November ini, dilanjutkan dengan pameran nasional pada Desember 2023 ini,” ujarnya saat ditemui di kegiatan Forum Grup Discussion (FGD) Program Pengembangan dan pengelolaan ekosistem Kabupaten/Kota Cerdas dan pelatihan sistem Sideka-NG di Hotel Horison Diana, Mimika, Senin (6/11/2023).

Indri melanjutkan master plan 2.0 yang akan difinalisasi ini, seluruh kegiatan dan sub kegiatan telah menyesuaikan semua Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) agar langsung dapat diadopsi atau diimplementasikan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Harapanya dokumen master plan ini rampung, bukan hanya dokumen kota cerdas saja yang rampung, tetapi ada juga arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang disusun Kominfo,” tuturnya.

Kata Indri. SPBE yang disusun Kominfo tersebut akan menjadi acuan OPD untuk berkontribusi terhadap pembangunan sistem kota cerdas di Mimika.

“Setelah kegiatan ini, (master paln) mungkin seminggu kemudian sudah selesai, dan kami bisa bagikan ke semua OPD,” jelasnya.

“Ini kan juga mendengarkan dari Bottom-Up (bawah ke atas) ini FGD keempat sudah, kami sudah mengumpulkan OPD selama ini, program kegaiatan kami juga sudah sesuaikan dengan Renja dan Renstra OPD, akhirnya kami finalisasi dalam master plan,” tambahnya.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan