Freeport Kucurkan Rp20 Miliar Layani Christmas Flight & Boat

Freeport Kucurkan Rp20 Miliar Layani Christmas Flight & Boat
Penerbangan perdana Program Christmas Flight & Boat yang dilaksanakan PT Freeport Indonesia dalam rangka hari raya Natal 2023. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)

TIMIKA | PT Freeport Indonesia (PTFI) kembali membuka program Christmas Flight & Boat tahun 2023. Sebagai tanda dimulainya program tersebut, dilakukan seremonial pemukulan tifa oleh Vice Presiden Papuan Affair Development PTFI, Soleman Faluk, Jumat (8/12/2023) di Bandara Perintis Mozes Kilangin Timika, Mimika, Papua Tengah.

Untuk keberangkatan program Christmas Flight & Boat dimulai 8 sampai 23 Desember 2023. Sementara untuk kepulangan dimulai tanggal 6 sampai 20 Januari 2024.

Dalam Program Christmas Flight & Boat kali ini terdapat 44 daerah tujuan yang dilayani. Jumlah ini mengalami penurunan dibandingkan tahun 2022 yakni sebanyak 49 daerah tujuan.

Adapun daerah yang dilayani untuk penerbangan yaitu Aroanop, Hoeya, Jila, Tsinga/Mulu, Beoga, Ilaga, Sinak, Pogapa, Wamena, Karubaga (Tolikara), Tiom (Lanny Jaya), Sugapa (Intan Jaya), Wagete (Enarotali), Moanemani (Deiyai), Nabire, Serui, Kaimana, Fakfak, Sorong, Manokwari, Teluk Wondama, Merauke, dan Dumadama (Paniai).

Sementara untuk daerah yang dilayani dengan pelayaran yaitu Potowaiburu, Agimuga, Kokonao, Amar, Ipaya, Timika Pantai, Atuka, Keakwa, Mupuruka, Sumapro, Umar dan Jita, kemudian Agats (Asmat). Daerah yang dilayani dengan pelayaran, PTFI menyediakan bahan bakar minyak (BBM).

Ketua Panitia Christmas Flight & Boat yang juga selaku Section Head HR Services PTFI, Paul Laly, mengatakan bahwa program Christmas Flight & Boat dilaksanakan setiap tahunnya sebagai bentuk komitmen Freeport kepada para karyawannya yang akan merayakan hari raya Natal di kampung halaman.

Dari 44 daerah tujuan, 23 daerah dilayani dengan menggunakan pesawat dan helikopter, sedangkan 21 daerah tujuan lainnya dilayani menggunakan perahu. Adapun total karyawan dan keluarga yang terlayani sebanyak 3.710 penumpang.

“Sebagai bentuk komitmen, untuk program ini PT Freeport Indonesia mengucurkan dana sebanyak Rp20 miliar. Di mana dana itu dipergunakan untuk mencarter 11 pesawat yang akan melayani para karyawan, mulai dari pesawat komersial, twin otter, caravan, copper dan bell,” katanya.

Sementara Vice President Papuan Affair Development, Soleman Faluk mengatakan Christmas Flight & Boat merupakan program rutin dan bentuk komitmen Freeport terhadap karyawan khususnya tujuh suku.

Program ini dinilai membantu para karyawan untuk bisa berkumpul bersama keluarga merayakan hari raya Natal dengan penuh sukacita.

“Program ini bukan baru, tapi dilakukan setiap tahun. Di mana perusahaan melihat bahwa karyawan adalah aset, sehingga perusahaan berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik,” katanya.

Mewakili manajemen, Soleman Faluk mengatakan PT Freeport Indonesia menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak atas berbagai dukungan sehingga program ini bisa berjalan dengan baik. Pun kepada para karyawan untuk mendukung panitia yang bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Ikuti arahan panitia, khususnya menyangkut keselamatan, baik diri maupun bekerja. Jangan sampai karena terlambat, karyawan terkena warning (peringatan),’ pungkasnya.

penulis : Mujiono

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *