Jelang Kedatangan Jenazah Tom Beanal, Aparat Keamanan Perketat Pintu Masuk Hanggar Bandara MK

Aparat keamanan saat melakukan pemeriksaan kepada pelayat yang akan masuk ke Hanggar Pemda di Bandara Mozes Kilangin Timika, Papua Tenga. (Foto: Arifin Lolialang/Seputarpapua)
Aparat keamanan saat melakukan pemeriksaan kepada pelayat yang akan masuk ke Hanggar Pemda di Bandara Mozes Kilangin Timika, Papua Tenga. (Foto: Arifin Lolialang/Seputarpapua)

TIMIKA | Aparat keamanan TNI-Polri memperketat pintu masuk ke hanggar Bandara Mozes Kilangin Timika, Papua, Kamis (1/6/2023), jelang kedatangan jenazah Tokoh Papua Tom Beanal.

Pantuan media ini, setiap pelayat yang menggunakan kendaraan tidak luput dari pemeriksaan petugas.

Aparat keamanan terlihat juga berjaga-jaga di sepanjang jalur masuk hanggar bandara.

Advertisements

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 600 personel gabungan dari TNI-Polri dikerahkan untuk pengamanan dan pengawalan proses kedatangan jenazah dari tokoh Papua Tom Beanal.

Jenazah Tom Beanal akan tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika, Kamis sore.

Pihak keamanan TNI-Polri bersama pihak terkait lainnya melakukan apel siap siaga untuk melakukan pengamanan jalannya prosesi penjemputan jenazah Tom Beanal.

“Jumlah personel gabungan yang kami libatkan berjumlah 600 orang. Memang cukup banyak, dan inipun sebetulnya ada pasukan-pasukan yang sudah kita standby-kan,” kata AKBP I Gede Putra.

Kata dia, pengamanan ini dilakukan untuk menjaga kondisi agar tetap aman dan kondusif, apalagi Almarhum Tom Beanal merupakan tokoh besar yang harus dihormati, sehingga pihaknya tidak menginginkan dalam prosesi ini ada pihak-pihak yang memanfaatkan untuk kepentingan tertentu.

“Sekali lagi kami tidak harapkan pihak-pihak lain dengan tujuan dan maksud tertentu yang memanfaatkan momen ini,” tegasnya.

Adapun beberapa titik yang nantinya akan ditempatkan personel yakni sepanjang lajur dari Bandara Mozes Kilangin Timika menuju kompleks Keuskupan Timika.

Advertisements

“Yang jelas kesepakan kami dengan pihak keluarga, termasuk panitia yang sudah dibentuk, nantinya dari bandara akan disemayamkan di keuskupan,” bebernya.

Kapolres AKBP I Gede Putra dalam kesempatan itu mengucapkan turut berdukacita atas meninggalnya Tom Beanal.

Advertisements

“Saya mewakili Polres Mimika mengucapkan turut berdukacita atas meninggalnya bapak kita, tokoh kita, bapak Tom beanal,” ucapnya.

Seperti diketahui Tom Beanal yang lahir di Distrik Tembagapura pada Tembagapura pada tanggal 11 Agustus Tahun 1947 menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Mount Elizabeth Singapore pada 29 Mei 2023 Pukul 14.05 waktu Singapore.

Tom Benal merupakan Tokoh Papua. Pada tahun 2002 lalu, Tom terpilih sebagai Ketua Presidium Dewan Papua (PDP) menggantikan almarhum Theys Hiyo Eluay.

Advertisements

 

penulis : Arifin Lolialang
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan