Juara Umum Peparnas, 20 Atlet Difabel Papua Dipanggil Pelatnas Indonesia

Ketua NPC Papua H. Jaya Kusuma. (Foto: Vidi/ Seputarpapua)
Ketua NPC Papua H. Jaya Kusuma. (Foto: Vidi/ Seputarpapua)

JAYAPURA | Sebanyak 20 atlet difabel Papua dipanggil pelatnas Indonesia persiapan Sea Para Games tahun 2022.

Pemanggilan para atlet andalan Papua ini pasca torehan prestasi juara umum pada perhelatan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2021 di bumi Cenderawasih Papua.

“Dari prestasi yang sudah kita torehkan di Peparnas dan menjadi juara umum. Ada 10 atlet dipanggil tadi malam untuk cabor menembak, tenis lapangan kursi roda dan sepakbola Cp untuk masuk pelatnas,” ujar Ketua Umum Nasional Paralimpik Committee (NPC) Provinsi Papua H. Jaya Kusuma di Jayapura, Jumat, (17/12/2021).

Torehan prestasi juara umum diraih atlet-atlet Papua pada perhelatan multi event disabilitas memperoleh 127 medali emas, 87 medali perak, dan medali 93 perunggu.

“Sebelumnya juga kita sudah ada pemanggilan atlet itu ada 6 dari cabor renang, atletik 2 atlet, dan tenis meja 2 atlet. Kita bersyukur atas pemanggilan ini karena prestasi mereka (atlet). Jadi sudah 20 atlet,” katanya.

“Jadi karena prestasi kita bagus, pasti di pusat akan panggil atlet-atlet kita. Mudah-mudahan ini bisa bertahan terus dan kedepan kita akan lakukan pembinaan-pembinaan khusus demi prestasi luar biasa jadi juara umum,” tambahnya.

Pria yang menjabat Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jayapura ini mengungkapkan alasan bisa menjadi juara umum dikarenakan para atlet yang disiapkan memiliki tekad kuat dan besar.

Termasuk kolaborasi pelatih Nasional dan lokal, serta pemusatan latihan selama 2 tahun di luar Papua.

“Saya lihat mereka sungguh-sungguh inginkan jadi juara umum, mereka ingin wujudkan itu di tanah kelahiran sendiri. Motivasi seperti itu yang buat atlet tambah semangat untuk berprestasi, meski punya keterbatasan, tapi kenyakinan dan kepercayaan sungguh, ditambah dukungan Gubernur Papua jadi bisa wujudkan juara umum,” tandasnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Vidi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.