Melihat Keunikan Pelabuhan MAF di Kota Kepi yang Rampung Direnovasi

Pelabuhan MAF yang sudah direnovasi.
Pelabuhan MAF yang sudah direnovasi

MAPPI | Sejak menjabat sebagai Penjabat Bupati Mappi pada Mei 2022 lalu, Michael R. Gomar terus melakukan pembenahan  pembangunan infrastruktur.

Salah satunya Pelabuhan MAF yang berada di Kota Kepi, Ibu Kota Kabupaten Mappi, Papua Selatan. Renovasi total Pelabuhan MAF bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) APBD 2022.

Pelabuhan MAF kini telah dipasang kubus apung dengan warna biru dan merah.

Uniknya lagi, jembatan pelabuhan yang terbuat dari kayu besi diberi cat warna warni sehingga sangat indah dipandang mata.

Pj Bupati Mappi Michael R. Gomar mengatakan, Pelabuhan MAF kini bermodel pelabuhan apung, dan tidak berpengaruh ketika air sungai mengalami pasang surut, sehingga memudahkan aktivitas masyarakat yang menggunakan transportasi sungai.

“Karena apabila air surut kubus apung ikut turun, dan apabila air naik kubus apung juga ikut naik,” kata Gomar sapaan karib Pj Bupati Mappi, Selasa (31/1/2023).

Menurut Gomar, kreasi warna dibuat pada pelabuhan tersebut agar terlihat lebih cerah, bersih dan indah.

Untuk itu, masyarakat diharapkan dapat menjaga Pelabuhan MAF dengan baik, karena merupakan sentral pelabuhan akhir dan bongkar muat, sebab pelabuhan tersebut sebagai pintu masuk dari 14 distrik ke Kota Kepi.

“Pembangunan Pelabuhan MAF sudah rampung dikerjakan, dan rencana akan diresmikan dalam waktu dekat ini,” kata Pj Bupati Mappi Michael, Selasa (31/1/2023.

Gomar menambahkan, kedepannya halaman parkir Pelabuhan MAF akan ditingkatkan supaya lebih tertib dalam aktivitas penumpang dan bongkar muat barang.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Mappi Liberatus K. Kamogou mengapresiasi Pj Bupati Mappi Michael R. Gomar yang telah memberikan ide untuk merenovasi Pelabuhan MAF.

Pelabuhan MAF kini menjadi salah satu ikon terbaik di Mappi.

“Beliau (Pj Bupati-red) telah memberikan pikiran dan ide yang luar biasa untuk perbaikan jembatan di pelabuhan MAF ini. Ikon Pelabuhan Maf ini menjadi ikon yang terbaik, karena luar bisa dipasang dengan kubus apung serta memiliki warna cat yang unik dan berbahan kayu yang kuat,” kata Liberatus.

Liberatus menambahkan, tahun ini Pemkab Mappi melalui Dinas Perhubungan akan membangun jembatan kubus apung di disejumlah distrik dan kampung diantaranya, pelabuhan Distrik Venaha, Distrik Yakomi, Distrik Tizain, Kampung Yeloba, Kampung Konebi, Kampung Asset, Kampung Lingggua dan Kampung Senggo (Distrik Citak Mitak).

Sedangkan untuk pembangunan dermaga rakyat diantaranya, Kampung Gayu Distrik Passue, Kampung Mur Distrik Nambioman Bapai dan Kampung Sumurraman Distrik Minyamur.

 

editor : Aditra
sumber : Pemkab Mappi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *