Mimika Deklarasi Enam Poin Pemilu Damai

Bupati Mimika Eltinus Omaleng berfoto bersma dengan Forkopimda dan pimpinan Parpol. (Foto: Echy/Seputarpapua)
Bupati Mimika Eltinus Omaleng berfoto bersma dengan Forkopimda dan pimpinan Parpol. (Foto: Echy/Seputarpapua)

TIMIKA I Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan 18 partai politik yang akan bertarung pada konsestasi politik tahun 2024 mendeklarasikan Pemilu Damai di Gedung Emeneme Yauware, Minggu (26/11/2023).

Ada 6 poin isi deklarasi yang disepakati dan ditandatangani, diantaranya;

1. Siap mengikuti dan mensukseskan Pemilu Tahun 2024 secara jujur adil santun dan bermartabat.

2. Siap bekerjasama dan mengawasi bersama penyelenggara Pemilu untuk mencegah dan menghindari isu sara, berita hoaks, dan ajakan yang bersifat provokasi.

3. Siap bekerja sama dengan aparat keamanan dalam hal ini TNI dan Polri, untuk menjaga situasi daerah agar tetap selalu kondusif, aman dan damai pada pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Mimika, serta dapat mengendalikan massa pendukung masing-masing dan mendukung sepenuhnya tindakan tegas aparat penegak hukum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia.

4. Siap menerima keputusan dari penyelenggara tentang hasil Pemilu 2024, sesuai dengan Peraturan KPU secara jujur, adil dan bermartabat.

5. Siap mewujudkan Pemilu 2024 di Kabupaten Mimika berjalan secara baik dengan menolak praktek money politik yang akan merusak proses demokrasi secara utuh.

6. Siap menolak politik identitas yang mengarah kepada ujaran kebencian.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan, Pemilu secara esensi merupakan proses pembelajaran dalam rangka pendewasaan bangsa. Pemilu juga merupakan momentum ujian bagi seluruh elemen bangsa Indonesia.

“Dan ada berbagai hak yang harus diperhatikan dalam menghadapi pesta demokrasi tahun 2024 mendatang,” kata Omaleng.

Menurut Omaleng, Pemilu 2024 sebagai agenda pesta demokrasi terbesar. Karena itu potensi kerawanan serta upaya kerja keras semua pihak dalam mensukseskan menjadi catatan penting terutama di kabupaten MimikaMimika.

Eltinus berpesan, yang perlu diingatkan di Pemilu 2024 selain memilih calon anggota DPD RI, DPR, DPRD, Provinsi, DPRD kabupaten/ kota dan Pilpres, disaat bersamaan juga akan berlangsung Pilkada serentak seluruh Indonesia di tahun yang sama.

Dan dalam pelaksanaan, lanjut Omaleng, akan menghadapi berbagai potensi permasalahan atau kerawanan mulai dari persiapan kebutuhan atau anggaran, data pemilih, distribusi logistik Pemilu, kapasitas dan beban calon terpilih. Maka diperlukan perhatian, usaha dan kerjasama bersama untuk mengantisipasi potensi permasalahan Pemilu 2024, sehingga menjadi pesta demokrasi yang demokratis.

Untuk itu, Deklarasi Pemiu Damai ini harus mendapat kesempatan bersama oleh semua pihak, stakeholder di Kabupaten Mimika.

” Untuk itu saya titip kepada semua pihak, baik itu dari penyelenggara, peserta unsur TNI Polri serta Satuan Kerja Perangkat Daerah untuk menjaga marwah Pemilu, dan seluruh proses tahapan kegiatan Pemilu ini dengan bersama sama bertanggungjawab untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan kondusifitas lingkungan sehingga pelaksanaan pesta demokrasi ditahun 2024 dapat berjalan dengan baik dan lancar,” punkas Bupati.

penulis : Eci Mnsen
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *