Persiapan Pemilu 2024 Papua Tengah Diklaim sudah 80 Persen

Persiapan Pemilu 2024 Papua Tengah Diklaim sudah 80 Persen
Ketua KPU Papua Tengah, Jennifer Darling Tabuni. (Foto: Christian Degei/Seputarpapua)

NABIRE | Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Tengah, Jennifer Darling Tabuni mengeklaim bahwa persiapan pelaksanaan Pemilu 2024 di Provinsi Papua Tengah hingga kini progresnya sudah mencapai 80 persen.

Jennifer mengatakan, hingga saat ini persiapan pelaksanaan Pemilu 2024 telah berjalan sesuai dengan tahapan.

“Tahapannya sudah melebihi 80 persen,” ungkap Jennifer Darling Tabuni, pada Senin, 22 Januari 2024 di Nabire.

Meski demikian, terdapat beberapa kendala yang dihadapi KPU seperti pendistribusian logistik, surat suara khusus caleg DPR provinsi dan kabupaten belum tiba di Distrik Mulia, khusus untuk Kabupaten Puncak Jaya.

Kemudian khusus surat suara DPR kabupaten di Mimika, kata dia baru akan tiba 2 hari lagi. Selanjutnya surat suara ke Kabupaten Intan Jaya belum bisa dikirim dari Nabire.

“Untuk Puncak Jaya kendalanya akibat adanya jalan yang terputus, akan tetapi posisi surat suara yang berada di Karubaga, Kabupaten Tolikara akan segera diangkut dengan pesawat. Untuk surat suara DPRD Mimika masih dalam pengiriman dan diperkirakan 2 hari lagi tiba. Sedangkan Kabupaten Intan Jaya, belum bisa kita kirim logistik surat suara lantaran adanya gangguan keamanan,” terangnya.

Sementara itu ada juga beberapa surat suara yang rusak ketika disortir. Namun saat ini proses pengadaan sebagai pengganti sudah dilakukan.

Kemudian ada juga proses pemilihan Komisioner KPU untuk 4 kabupaten di Provinsi Papua Tengah yang sedang berjalan.

“Kami juga sudah sampaikan untuk SDM Komisioner KPU tingkat kabupaten sudah 4 daerah dilantik komisionernya. Sedangkan untuk Mimika, Deiyai, Paniai dan Intan Jaya masih dalam proses pemilihan, sebab masa jabatannya akan berakhir,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa adanya PPD yang sempat terindikasi sebagai caleg sudah dibersihkan, dan ia mengeklaim saat ini penyelenggara di tingkat PPD sudah netral.

“Lalu untuk ujung tombak KPU yakni KPPS, tadi kami sampaikan agar perangkat pemerintah atau ASN di daerah bisa menjadi KKPS untuk membantu kami,” katanya.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Penjabat (Pj) Gubernur Papua Tengah yang melakukan monitoring kesiapan Pemilu 2024 dengan tujuan mengecek progres pendistiribusian logistik, kesiapan para penyelenggara mulai KPU provinsi hingga kabupaten, sampai pada PPD dan KPPS.

Advertisements

“Kunjungan ini menjadi vitamin yang baik bagi kami dalam melaksanakan pemilu. Beruntung beberapa kendala yang kami hadapi telah mendapat solusinya,” pungkasnya.

penulis : Christian Degei
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan