PMI Mimika Bekali Pelajar SMPN 4 Materi Kesehatan Reproduksi Hingga Bahaya Pergaulan Bebas

Foto bersama pelajar dan pengurus PMI usai sosialisasi. (Foto: Eci/Seputarpapua)
Foto bersama pelajar dan pengurus PMI usai sosialisasi. (Foto: Eci/Seputarpapua)

TIMIKA | Papua Muda Inspiratif (PMI) di Mimika memainkan perannya dibidang pendidikan dan kesehatan.

Kali ini PMI menyambangi SMPN 4 di Jalan Cenderawasih, Kawasan SP 3, Timika Ibu Kota Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Rabu (24/5/2023).

Kepada siswa dan siswi, PMI memberikan pemahaman terkait kesehatan reproduksi, bahaya HIV dan AIDS, Narkoba hingga bahaya seks bebas oleh dr. Obet Naa.

Advertisements

Dokter Obet mengatakan, materi kesehatan reproduksi dan lainnya penting disampaikan kepada para siswa,

” Sempat tanya anak-anak mereka belum tahu bahwa perempuan apabila misalnya sudah mulai menstruasi secara fisik atau biologis sudah siap untuk berproduksi. Banyak dari mereka yang belum tahu,” katanya.

Ia menduga, para generasi muda tersebut
belum pernah mendapatkan informasi terkait materi yang dibawakan.

Ia berharap, penjelasannya bisa menambah pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan menjaga diri dengan baik, karena di Indonesia, khususnya Papua cukup banyak yang terpengaruh dengan berbagai pergaulan bebas.

” Kurikulum tentang kesehatan reproduksi dalam kurikulum nasional lebih dipertegas lagi,”ujarnya.

Sementara itu, Firsa Rumi Lokobal, Ketua PMI mengatakan, PMI adalah salah satu pergerakan anak muda di Papua dan kegiatan ini adalah program rutin bidang pendidikan kesehatan dan olahraga.

” Kami bertanggungjawab untuk memberikan informasi kepada anak-anak muda usia dini tentang pengenalan organ reproduksi. Edukasi ini memang dulu kita tidak tahu tapi sekarang kita wajib sampaikan ke anak- anak sekarang agar mereka juga punya pemahaman terkait dengan apa yang harus mereka lakukan ehingga ada proteksi diri lebih awal, “tutur Firsa Lokobal.

Advertisements
penulis : Eci Mnsen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan