Pol-PP Gandeng TNI-Polri Tingkatkan Sinergitas Penanganan Gangguan Kamtibmas

Sinergitas Penanganan Gangguan Kamtibmas
Perwakilan Direktorat Bina Pemerintahan Desa pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) saat menyampaikan materi tentang sinergitas antar lembaga dalam menghadapai Pemilu 2024. (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA | Guna meningkatkan kerja sama antar lembaga dalam menangani pencegahan dan penanganan gangguan ketenteraman serta ketertiban umum di Kabupaten Mimika, Dinas Polisi Pamong Praja (Dispol PP) mengundang KPU, Bawaslu, TNI dan Polri di Mimika lakukan pertemuan di Hotel Swiss-Belinn Timika, Rabu (6/12/2023).

Kepala Dinas Pol-PP Ronny Marjen mengatakan tujuan pertemuan yang digelar ini untuk meningkatkan kerja sama antar lembaga dan kemitraan dalam teknik pencegahan dan penanganan gangguan ketenteraman dan ketertiban umum.

Pola kemitraan ini menurut Ronny, wajib diterapkan oleh Pol-PP dan seluruh aparat keamanan sesuai amanat dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Ketenteraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat.

“Agenda nasional tahun 2024 nanti membutuhkan koordinasi diberbagai tindakan untuk menyukseskan proses tahapan pemilihan umum (pemilu),” katanya.

Sementara itu, Pj Sekda Mimika Robert Mayaut mewakili Bupati Eltinus Omaleng dalam pembukaan kegiatan ini menyampaikan, Pemerintah Daerah harus bekerjasama dengan semua pihak penyelenggara pemilu demi kelancaraan pelaksanaanya.

Selain itu, Pemerintah pun kata Robert sebagai bentuk kepeduliannya, memberikan hibah kepada KPU, Bawaslu juga TNI-Polri demi menyukseskan kontestasi pemilu mulai dari presiden hingga kepala daerah di tahun 2024.

Hadir dalam kegiatan ini sebagai narasumber dari Direktorat Bina Pemerintahan Desa pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Edi Cahyono. Ia menyampaikan pentingnya sinergitas antar lembaga.

Selain itu, narasumber lainnya dari Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Mimika, Alfasiah, menyampaikan tentang netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pemilu.

penulis : Fachruddin Aji

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *