Ribuan Masyarakat Ikut Festival Budaya Sejuta Rawa II

Ribuan Masyarakat Ikut Festival Budaya Sejuta Rawa II
Pj Gubernur Papua Selatan dan Pj Bupati Mappi Michael Gomar ketika berada di atas perahu. (Foto: Humas Mappi)

TIMIKA | Festival Budaya Sejuta Rawa II tahun 2023 di Kabupaten Mappi diikuti ribuan masyarakat yang berdomisili diwilayah tersebut.

Tidak hanya masyarakat, festival ini juga dihadiri Penjabat Gubernur Provinsi Papua Selatan Apolo Safanpo serta sejumlah pejabat dari Provinsi Papua Selatan.

Festival secara resmi dibuka Penjabat Gubernur Provinsi Papua Selatan Apolo Safanpo didampingi Penjabat Bupati Mappi Michael R. Gomar.

Selain mempromosikan keindahan alam, Festival Budaya Sejuta Rawa II juga mempromosikan seni dan budaya dengan menampilkan tarian adat dari enam suku besar di Kabupaten Mappi, yakni Suku Yaqai, Suku Awyu, Suku Wiyagar, Suku Tamario, Suku Asmat dan Suku Koroway.

Pj Gubernur dan Pj Bupati tiba di pelabuhan Misi menggunakan perahu viber menyaksikan tarian adat masyarakat yang menggunakan perahu menuju Kampung Muing.

Usai kegiatan di kampung Muing, Rombongan Pj Gubernur bersama Pj Bupati kembali ke pelabuhan Misi bersama ribuan masyarakat sembali menampilkan atraksi dayung dan tarian – tarian adat di sepanjang rawa.

Selanjut rombongan menuju halaman Gor Kepi dimana 6 suku besar di Mappi menampilkan tarian adatnya masing-masing.

Tidak hanya suku asli, sejumlah paguyuban nusantara juga turut menampilkan tarian dengan busana adat wilayahnya masing -masing.

Pj Gubernur dalam sambutannya mengatakan, semoga dengan pelaksanaan Festival Sejuta Rawa II dapat menggali semua potensi seni dan budaya yang sudah diwariskan oleh para leluhur.

“Budaya ini kita pelihara dan kita kembangkan di masa yang akan datang. Kita patut bersyukur karena Tuhan sudah menganugerahkan kepada kita alam yang indah yang kaya akan sumberdaya,” katanya.

Ia mengungkapkan, Mappi menjadi salah satu daerah yang menjadi pusat peradaban orang, barang dan jasa secara tradisional di wilayah Provinsi Papua Selatan.

“Kalau kita lihat Kabupaten Mappi dari barat ke timur terhubung langsung ke laut Arafura. Ini adalah pusat pelayaran tradisional transportasi sungai dan rawa,” katanya.

Pj Gubernur berharap semoga dengan pelaksanaan Festival Budaya Sejuta Rawa ini, maka seluruh masyarakat di Mappi bersatu menggali seluruh potensi yang ada di wilayah ini serta dapat di kembangkan untuk mensejahterakan rakyat demi masa depan anak dan cucu di masa yang akan datang.

Festival Budaya Sejuta Rawa II di Mappi akan dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 17 dan 18 November 2023.
Pada hari kedua pelaksanaan festival akan dihadiri Direktur pemasaran pariwisata Nusantara, Kemenparekraf RI, Dwi Marhen Yono.

penulis : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *