Sekda Mappi: Anggota Korpri Harus Jadi Pionir Pemerintahan Digital

Peringatan HUT ke-52 Korpri di Kabupaten Mappi. (Foto: Humas Mappi)
Peringatan HUT ke-52 Korpri di Kabupaten Mappi. (Foto: Humas Mappi)

MAPPI | Pemerintah Kabupaten Mappi menggelar apel gabungan memperingati HUT ke-52 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI), di halaman GOR Qandai Uri pada Rabu (29/11/2023).

Penjabat Bupati Mappi Michael R. Gomar melalui sambutan tertulis yang disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Ferdinandus Kainakaimu mengatakan, sejak mulai berdirinya Korpri merupakan satu -satunya wadah bagi pegawai di Rebuplik Indonesia, dan selalu berupaya terus dalam menumbuhkan fungsi sebagai perekat dan pemersatu bangsa menjaga netralitas dan berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme sesuai dengan panca prasetya Korps Pegawai Republik Indonesia.

Dikatakan Ferdinandus bahwa Korpri yang mewadahi para Aparatur Sipil Negara dengan visi dan misi serta tugas dan fungsi pokoknya semua ditujukan demi pelayanan birokrasi dan pelayanan publik yang lebih baik serta profesional. Sehingga pembangunan nasional terwujudnya secara adil, makmur dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 benar -benar terwujud.

Disamping itu Kata Ferdinandus bahwa Korpri juga dituntut untuk bisa berkonstribusi, merespon yang berhubungan dengan peningkatan pelayanan publik agar tatanan pemerintahan dapat berjalan dengan baik.
Hal itu tentu sejalan dengan tugas pokok Korpri yaitu membina dan memelihara mutu serta kesejahteraan rohani dan jesmani para anggotanya.

Lebih jauh Ferdinandus menerangkan, untuk mewujudkan semua itu tentunya diperlukan kerjasama yang erat antara anggota dan instansi dan juga kesetaraan antara anggota dan instansi juga kesetaraan pribadi dalam merespon dan menempatkan diri pada setiap kegiatan.

Korpri juga dituntut untuk berinovasi merespon perkembangan zaman yang semakin terdigitalisasi. ASN dan birokrasi di Indonesia secara bertahap terus bisa bertransformasi menuju sistem digitalisasi tersebut.

Ferdinandus menekankan bahwa seluruh anggota Korpri menjadi pionir untuk mewujudkan pemerintah digital, yaitu sebuah sistem pemerintahan yang berbasis teknologi yang berhubungan dan terintegrasi antara instansi satu dengan yang lainnya. Sehingga tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik menjadi semakin efektif dan efisien

Ferdinandu menyebutkan sesuai dengan tema HUT ke-52 Korpri tahun 2023 yaitu “Korprikan Indonesia”.

“Korprikan kan Indonesia, Korprikan Kabupaten Mappi, maka saya mengajak kita semua untuk terus memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Menjalankan tupoksi sebagaimana mestinya dan tetap berinovasi untuk peningkatan pelayanan kepada maayarakat,” ungkapnya.

Ferdinandus menerangkan, sejalan dengan berlakunya Undang -Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN bahwa Korpri siap bertransformasi menjadi bagian integral dan dari pemerintahan yang berperan menjaga kode etik dan standar profesi, serta mewujudkan jiwa korps sebgai pemersatu bangsa dan memberikan perlindungan hukum serta mengembangkan kesejahteraan anggotanya.

“Saya juga ingin mengingatkan kepada seluruh anggota Korpri di Kabupaten Mappi agar senantiasa menjaga netralitas dalam menghadapi Pemilu serentak tahun 2024 mendatang. Netralitas insan Korpri merupakan cerminan integritas seorang aparatur dalam menjalankan dan mengembankan tugasnya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat,” pungkasnya.

 

editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *