Sekelompok Warga Diduga Separatis Papua Merdeka Serang dan Rusak Polsek Inanwatan

IDENTIFIKASI | Anggota Polisi sedang melakukan identifikasi pasca penyerangan dan perusakan Polsek Inanwatan, Sorong Selatan. (Foto: Humas Polres Sorong Selatan)
IDENTIFIKASI | Anggota Polisi sedang melakukan identifikasi pasca penyerangan dan perusakan Polsek Inanwatan, Sorong Selatan. (Foto: Humas Polres Sorong Selatan)

TIMIKA | Sekelompok warga menyerang dan merusak Polsek Inanwatan, Sorong Selatan, Papua Barat, pada Minggu (17/4/2022).

Berdasarkan keterangan tertulis Humas Polres Sorong Selatan, Senin (18/4/2022) disebutkan bahwa peristiwa itu terjadi pada Minggu malam sekitar pukul 20.00 WIT.

Peristiwa bermula ketika ada 5 warga tidak dikenal dipengaruhi minuman beralkohol dan membawa parang membuat keributan di Kampung Mate. Warga kemudian melaporkan ke Polsek.

Tidak terima dilaporkan ke Polisi, kelima warga tersebut kemudian datang menyerang dan merusak meja dan beberapa kaca polsek.

Melihat situasi tidak terkendali, Polisi yang bertugas kemudian mengamkan pelapor dan mengambil senjata dan mengeluarkan tembakan peringatan ke udara.

Kelima warga tersebut kemudian kabur meninggalkan Polsek.

Polisi telah mengidentifikasi kelima warga penyerang Polsek berdasarkan informasi masyarakat, 3 diantaranya berinisial JP, IN dan DB.

Ketiganya merupakan pelaku pengibaran bendera bintang kejora. Selain itu juga kerap melakukan tindakan kriminal yang meresahkan warga.

Kapolres Sorong Selatan AKBP Dr. (Cand). Choiruddin Wachid, telah memerintahkan kepada Kapolsek Inanwatan untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap perkara tersebut hingga tuntas.

Hal ini agar perbuatan serupa tidak terulang lagi, dan dapat memberikan efek jera bagi pelaku.

Selain itu, Kapolres juga memerintahkan kepada seluruh Kapolsek di jajaran Polres Sorong Selatan untuk melakukan pulbaket terhadap kegiatan kelompok-kelompok tertentu yang ingin mengganggu kamtibmas.

Disamping itu, melakukan penggalangan kepada tokoh masyarakat agar dapat bersama Polri menjaga kamtibmas agar tetap kondusif.

“Lakukan imbaun kepada masyrakat agar tidak terprovokasi dan terpancing oleh  isu yang tidak benar. Tingkatkan pengamanan markas dan lakukan tindakan yang tegas dan terukur jika diperlukan, tetapi tetap bepedoman pada SOP dan dapat dipertanggungjawabkan,” pungkas Kapolres.

reporter : Aditra
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.