Tiga Korban Terakhir Kebakaran Kapal di Mappi Berhasil Ditemukan

Tim gabungan dalam proses pencarian para korban kapal terbakar di Kampung Asgon, Distrik Assue, Kabupaten Mappi, Papua Selatan. (Foto: Ist)
Tim gabungan dalam proses pencarian para korban kapal terbakar di Kampung Asgon, Distrik Assue, Kabupaten Mappi, Papua Selatan. (Foto: Ist)

TIMIKA | Tim SAR gabungan berhasil menemukan tiga korban terakhir yang dinyatakan hilang dalam peristiwa kebakaran dua unit kapal di Dermaga Kampung Asgon, Distrik Assue, Kabupaten Mappi, Papua Selatan, pada Kamis, 18 Agustus 2022.

SAR Merauke dalam keterangan persnya, Sabtu (20/8/2022) menyampaikan, setelah pada Jumat, 19 Agustus 2022 tim gabungan menemukan satu jenazah korban atasnama Ahmad Septi Ramadan, di malam harinya hingga dini hari tim SAR gabungan kembali menemukan korban lainnya pada jarak tidak jauh dari lokasi kejadian kapal terbakar.

Dijelaskan, korban atasnama Herman ditemukan pada pukul 22.15 WIT pada jarak kurang lebih 300 meter dari lokasi kejadian. Herman ditemukan dalam kondisi sudah meninggal dunia.

Selanjutnya korban atasnama Edi Afriyanto alias Ucok, kembali ditemukan tim SAR gabungan sekitar pukul 23.45 WIT dalam kondisi meninggal dunia, berjarak 250 meter dari lokasi kejadian.

Kemudian korban terakhir atasnama Supardi, ditemukan Sabtu dini hari sekitar pukul 02.45 WIT yang juga dalam kondisi meninggal dunia. Supardi ditemukan sekitar 150 meter dari lokasi kejadian.

“Ketiganyanya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia oleh tim SAR gabungan di lapangan,” demikian keterangan pers SAR Merauke yang diterima Seputarpapua.com di Timika.

Selanjutnya pada pukul 08.10 WIT, 1 tim rescue dipimpin Kepala Sub Seksi Operasi dan Siaga SAR Timika diberangkatkan ke lokasi kejadian menggunakan pesawat jenis Caravan untuk melakukan koordinasi terkait proses evakuasi seluruh jenazah yang berhasil ditemukan.

Seluruh korban kemudian dievakuasi menggunakan pesawat caravan dari Bandara Mappi menuju Kabupaten Merauke.

Sebelumnya pada Kamis dini hari, 18 Agustus 2022 terjadi peritiwa kebakaran yang melibatkan dua kapal di Dermaga Pertamina Asgon, Distrik Assue, Kabupaten Mappi.

Dua kapal tersebut yakni KMN Purnama (kapal kayu) dan LCT SPOB Cahaya Al-Arahim yang mengangkut bahan bakar minyak (BBM).

Akibat insiden tersebut, lima orang ABK dari kedua kapal menjadi korban dan dinyatakan meninggal dunia.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.