Timika Hasilkan 218 Ton Sampah Perhari

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Limi Mokodompit (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Limi Mokodompit (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Limi Mokodompit mengatakan, volume sampah yang dihasilkan setiap hari sebanyak 218 ton perhari.

Sampah tersebut terdiri dari sampah organik, non organik, dan sampah rumah tangga.

Dari tiga jenis sampah tersebut, sampah rumah tangga paling dominan.

“Kita kan belum ada sampah yang macam industri – industri seperti di Pulau Jawa,” kata Limi kepada Seputarpapua.com, Rabu (16/6/2021) di bilangan Yos Sudarso.

Menurut Limi, DLH sudah memiliki rumah kompos untuk mengelola sampah rumah tangga menjadi pupuk, dan akan beroperasi pada tahun 2022.

Terkait sampah, Limi mengungkapkan sudah ada penurunan. Namun menurun bukan dari sisi kuantitas, tetapi dari sisi penyebaran.

“Kalau tahun tahun kemarin kan sampah ada dimana – mana, sekarang sudah mulai terarah. Volume bisa saja naik karena pertambahan penduduk berkolerasi terhadap pertambahan volume sampah, karena semakin banyak orang semakin banyak sampah,” ucapnya.

Meningkatnya jumlah sampah juga bisa disebabkan semakin banyak pembangunan. Sehingga menurut Limi, meski volume sampah terus meningkat, tetapi penanganan sampah di Mimika kini semakin membaik.

“Jadi volume sampah tetap naik, tetapi sebaran pengelolaan sampah juga semakin terarah di TPS. Sekarang kan sudah tidak sembarang, dan sudah mulai terlihat kota bersih, lurah – lurah juga sudah mulai bekerja sehingga mudah – mudahan bisa lebih baik,” pungkasnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Kristin Rejang
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.