TNI Bantu Warga Jayapura Sulap 10 Hektar Lahan Tidur Jadi Lahan Pertanian

TNI Bantu Warga Jayapura Sulap 10 Hektar Lahan Tidur Jadi Lahan Pertanian
Kasrem 172/PWY, Kolonel Inf Bayu Sudarmanto bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, Iman Djuniawal saat melakukan penanaman jagung. (Foto: Firga/Seputarpapua)

JAYAPURA | Kodam XVII/Cenderawasih bersama Pemerintah Kabupaten Jayapura menggelar penanaman jagung dan pembagian 12.000 bibit ikan mujair kepada warga di Kampung Yakasip dan Kampung Sarmai Atas, Distrik Namblong, Kabupaten Jayapura, Papua.

Mewakili Pangdam Cenderawasih, Kepala Staf Korem 172/PWY Kolonel Inf Bayu Sudarmanto mengatakan, penanaman jagung dan pembagian bibit ikan ini adalah untuk mendukung program ketahanan pangan yang di dicanangkan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Dikatakan, dalam mendukung ketahanan pangan, saat ini TNI dan masyarakat sudah memanfaatkan 10 hektar lahan tidur menjadi lahan pertanian di Distrik Namblong, Kabupaten Jayapura.

“Dalam rangka mewujudkan program ketahanan pangan itu, kami menggandeng pemerintah daerah bersama masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur yang ada. Hingga saat ini sudah ada 10 hektar lahan tidur yang dibuka untuk pertanian,” katanya kepada wartawan di Kampung Yakasip, Distrik Namblong, Kabupaten Jayapura.

Bayu menyebut, potensi pertanian yang dimiliki masyarakat Namblong sangat menjanjikan, sehingga TNI akan terus membantu masyarakat agar dikelola dengan baik.

“Potensi pertanian disini sangat menjanjikan sehingga kami berkomitmen terus membantu masyarakat untuk meningkatkan hasil pertaniannya. Ini juga untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat disini,” ujarnya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Iman Djuniawal mengapresiasi Kodam XVII/Cenderawasih yang berkomitmen untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Imam menyebut, pemanfaatan lahan tidur milik masyarakat sangat membantu pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan ekstrim, inflasi serta penurunan stunting.

“Ini merupakan upaya untuk menumbuh kembangkan usaha di lingkungan masyarakat, agar memberikan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Sekertaris Kampung Sarmai Atas, Yulius Terah Yaung, meminta Kodam XVII/Cenderawasih dan Pemkab Jayapura untuk selalu memberikan pendampingan sehingga bantuan bibit ikan maupun pemanfaatan lahan tidur ini bisa memeberikan dmpak ekonomi bagi masyarakat.

“Harapan kita masyarakat agar diberikan pendampingan dari TNI maupun pemerintah sehingga bantuan yang diberikan kepada kami bisa dikembangkan sampai panen. Nanti panennya kita sama-sama lagi,” pintanya.

penulis : Firga
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *