Vaksinasi Massal Terus Berlanjut, Masyarakat Diminta Ikuti Jadwal dan Patuhi Prokes

ANTRE | Antrean warga di Gerai Vaksin di Terminal Baru Bandara Mozes Kilangin Timika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
ANTRE | Antrean warga di Gerai Vaksin di Terminal Baru Bandara Mozes Kilangin Timika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten Mimika mulai melaksanakan vaksinasi massal kepada masyarakat.

Adapun gerai-gerai vaksin yang dibuka di beberapa lokasi mulai Gedung Tongkonan, Terminal Lama dan Terminal Baru Bandara Mozes Kilangin Timika, MPCC Kuala Kencana dan Terminal Bus Karyawan.

Pemberian vaksin ini sendiri sudah diatur sedemikian caranya agar pada pelaksanaannya warga tidak berkerumun.

Namun terlihat di gerai vaksin Terminal Baru Bandara Mozes Kilangin Timika, kerumunan warga tidak bisa dihindari.

Ketua Tim Pengendalian Covid-19, Usman La Alimuda menjelaskan, untuk gerai-gerai vaksinasi yang ada ditargetkan satu hari 250 orang divaksin.

“Dikasih target 1 hari 1000 untuk Juli, mulai Agustus 1 hari 2000,” ungkapnya saat ditemui di gerai vaksin Terminal Baru Bandara Mozes Kilangin Timika.

Ia mengaku warga yang datang untuk divaksin ada yang melalui pendaftaran online, dan juga sebagian besar mendaftar secara langsung.

Di pendaftaran online, kata Usman, sudah dibuatkan jadwal penyuntikan untuk masing-masing orang agar tidak terjadi kerumunan di tempat vaksin.

“Tapi ini ya masyarakat kita sudah kasih tahu juga tapi susah mengerti. Sebenarnya dengan pendaftaran online itu solusi untuk hindari kerumunan tapi kembali ke kesadaran masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya, padatnya masyarakat datang untuk melakukan vaksin ini karena takut jangan sampai pelaksanaan vaksin masal hanya hari ini.

Tetapi vaksinasi masal ini masih akan terus dilakukan sampai mencapai target.

“Masyarakat ini mungkin takut jangan sampai kita tidak buka lagi,” katanya.

Untuk tim vaksinasi sendiri di Terminal Baru dan Terminal Lama Bandara masing-masing satu tim vaksinasi, di Gedung Tongkonan ada empat tim, MPCC Kuala Kencana satu tim dan terminal bus karyawan ada tiga tim vaksinasi.

“Persediaan vaksin masih banyak,” ujarnya.

reporter : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.