seputarpapua.com

TNI se-Garnisun Timika Gelar Prosesi Tabur Bunga

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
TNI se-Garnisun Timika Gelar Prosesi Tabur Bunga

TIMIKA | Jajaran seluruh kesatuan TNI se-Garnisun Timika, Papua, menggelar upacara tabur bunga di dermaga Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Pomoko, Jumat (29/9/17) sebagai penghormatan kepada para pahlawan menjelang HUT TNI ke-72.

Sekitar 200an personel dari seluruh kesatuan TNI, baik TNI AD, TNI AL, dan TNI AU ikut dalam upacara kemiliteran sebelum prosesi tabur bunga. Komandan Lanal Timika Letkol Laut (P) Yosafat Indarto bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Letkol Yosafat Indarto mengatakan, patut bagi setiap insan prajurit TNI maupun generasi muda senantiasa menghormati jasa para pahlawan yang telah berkorban dalam merebut kemerdekaan.

“Kita harus menghormati jasa para pahlawan dengan mengisi kemerdekan ini dengan hal-hal postif, yang dapat mendorong percepatan pembangun daerah dan bangsa,” ujarnya.

Indarto mengemukakan, secara umum TNI dianjurkan melakukan ziarah ke makam pahlawan menjelang HUT TNI. Namu mengingat di Timika belum ada makam pahlawan sehingga penghormatan dilakukan melalui prosesi tabur bunga.

Komandan Kodim 1710 Mimika Letkol (Inf) Windarto mengatakan, melalui HUT TNI ke-72 tahun 2017 ini, TNI  akan terus meningkatkan kedekatan dengan rakyat sesuai semboyan “bersama rakyat, TNI kuat”.

“Karena dengan kedekatan itu TNI semakin hebat, kuat dan profesional dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab kepada bangsa dan Negara. Ini tertuang dalam tema yang diangkat pada perayan HUT yang jatuh pada tanggal 5 Oktober nanti,” jelas Windarto.

Ia menambahkan, untuk mewujudkan kebersamaan dan kedekatan  bersama masyarakat, maka seluruh anggota TNI perlu mendengarkan apa yang menjadi keluhan mereka. Disamping itu, TNI  membantu dan melindungi masyarakat dari segala macam gangguan keamanan.

“Sebagai contoh Kodim sebagai satuan kewilayahan akan selalu kontak fisik dan selalu berhadapan dengan masyarakat. Kita harapkan kehadiran anggota Kodim maupun Koramil bisa diterima oleh masyarakat,” imbuhnya.

Hadir pula dalam upacara tabur bunga tersebut, Danlanud Timika Letkol Pnb Agustinus Gogot Winardi, Dansatrad 243-Timika Letkol Rani Partono, Dan Denkav 3 Timika Mayor Kav Delvy Marico, Wadan Yonif 754/ENK Mayor Inf Gunawan, dan Kabenglap Timika Mayor Cpl Budi Purnomo. (rum/SP)

Berita Terkait
Baca Juga