SMAN 1 Mimika Peringati Sumpah Pemuda dengan Berbagai Lomba

SMAN 1 Mimika Peringati Sumpah Pemuda dengan Berbagai Lomba
Kepala SMA Negeri 1 Mimika Soro Bato Sau saat memberikan sambutan sebelum membuka perlombaan paduan suara di Aula SMAN 1 Mimika

TIMIKA | Siswa-siswi SMA Negeri 1 Mimika memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-89 dengan menggelar berbagai lomba di internal sekolah. Hal ini disampaikan Kepala SMA Negeri 1 Mimika Soro Bato Sau saat diwawancarai usai upacara di sekolahnya, Sabtu (28/10/2017).

Soro menyebutkan, berbagai kegiatan yang digelar dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ini sudah berlangsung sejak beberapa hari yang lalu. Perlombaan yang digelar, diantaranya lomba paduan suara, lomba tarian daerah, lomba menyanyi solo dan lomba kebersihan kelas.

“Lomba tari daerah dan kebersihan kelas sudah dilakukan sejak Rabu – Kamis (26/10/2017). Sedang hari ini hanya upacara dan lanjut dengan lomba paduan suara,” tuturnya.

Kecenderungan dan pengaruhnya anak-anak dengan budaya luar membuat Soro sebagai kepala sekolah dan guru-gurunya sepakat untuk membuat perlombaan tari tradisional dan solo lagu daerah.

“kegiatan ini kami harap bisa meningkatkan rasa cinta akan budaya indonesia serta memupuk rasa nasionalisme bagi siswa siswi kami,” harapnya.

Soro menjelaskan, kegiatan yang diselenggarakanuntuk memperingati hari Sumpah Pemuda di salah satu sekolah rujukan dimiliki merupakan agenda wajib setiap tahunnya.

“Bukan hari sumpah pemuda saja berbagai kegiatan biasanya kita laksanakan pada amandemen hari besar nasional dan hari keagamaan,” jelasnya.

Pelaksanaan upacara yang digelar hari ini melibatkan beberapa unsur masyarakat, seperti TNI AU dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).  Pada pelaksanaannya, Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Timika, Letkol (Pnb) Meito Datau bertindak sebagai Pemimpin Upacara.

Pada pelaksanaan upacara juga tidak tampak perwakilan Pemerintah Kabupaten Mimika. Bahkan tidak ada kegiatan yang digelar oleh pemerintah dan juga 10 anggota KNPI yang menghadiri upacara tersebut. (Nft/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *