Sering Merasa Lelah Saat Bangun Tidur?   Ini Cara Mengatasinya

Sering Merasa Lelah Saat Bangun Tidur?    Ini Cara Mengatasinya
Ilustrasi

Tidur merupakan salah satu cara agar badan beristirahat dan memperbarui tenaga untuk esok hari. Namun kadang saat bangun pagi badan terasa masih lelah meskipun sudah tidur selama 8 jam. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

 

Dikutip dari huffingtonpost.com, badan yang merasa lelah setelah bangun tidur bisa disebabkan oleh beberapa hal. Dr. Michael Decker, Ph.D, profesor dan spesialis tidur di Case Western School of Nursingmenyebutkan bahwa ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kondisi tersebut, yaitu:

 

Stres

Stres dan depresi merupakan salah satu penyebab utama badan merasa kelelahan meskipun setelah tidur yang cukup. Saat badan tertidur, otak masih akan terus berpikir sehingga tubuh ikut merasa lelah. Meskipun seseorang terlihat bisa tertidur nyenyak, namun bisa saja ia tidak mendapatkan tidur berkualitas yang akan membuatnya lelah saat bangun.

 

Kurang nutrisi

Jangan remehkan nutrisi untuk tubuh. Jika nutrisi tubuh tidak dipenuhi dengan baik, hal ini dapat menyebabkan organ tubuh tidak bekerja maksimal sehingga membuat tubuh mudah lelah, termasuk setelah bangun tidur.

 

Minum alkohol

Minum alkohol tidak selalu membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Nyatanya, minum alkohol hanya akan membuat tidur nyenyak di awal waktu tidur. Selebihnya, Anda mungkin lebih sering terbangun di pertengahan malam karena efek alkohol. Selain itu, jika Anda terlalu banyak mengonsumsi alkohol, saat pagi hari Anda bisa merasa sakit kepala akibat mabuk.

 

Minum obat-obatan tertentu

Dr. Breus, seorang speisialis tidur menyebutkan bahwa mengonsumsi beberapa obat nyeri dan anti depresan dapat menyebabkan tubuh lelah setelah bangun tidur. Selain itu obat-obatan untuk sakit jantung, hipertensi dan diabetes juga dapat menyebabkan pikiran gelisah dan sulit tidur.

 

Gangguan tidur

Sleep Apnea adalah salah satu gangguan tidur yang ditandai dengan berhentinya napas selama sesaat saat tertidur, dan hal ini dapat terjadi beberapa kali. Sleep apnea menyebabkan otak tidak mendapat cukup oksigen sehingga membuat tubuh sulit untuk beristirahat dengan nyenyak.

 

Bagi Anda yang sering merasa lelah setelah bangun tidur, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut, yaitu:

 

Buat badan Anda rileks sebelum tidur

Bisa dilakukan dengan cara mandi air hangat sebelum tidur untuk membuat otot tubuh Anda lebih rileks, dan mengonsumsi teh atau minuman hangat sebelum tidur.

 

Kurangi penggunaan gadget di tempat tidur

Radiasi dari gadget dapat mengganggu ritme sirkadian atau jam biologis tubuh Anda. Letakkan gadget jauh dari tempat tidur untuk membuat tidur lebih nyenyak dan mengurangi radiasi.

 

Matikan lampu agar tidur nyenyak

Tidur dalam lampu yang dimatikan dapat membuat badan bekerja terus karena beberapa hormon pada tubuh sensitif pada cahaya.

 

Tidur pada jam yang sama

Dengan membuat jadwal tidur yang teratur dapat membuat badan tahu kapan saatnya bekerja dan kapan saatnya istirahat.

 

Jika Anda sudah melakukan berbagai cara tersebut namun masih sering merasa lelah setelah bangun tidur, Anda bisa menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.(DS/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *