28 September Api PON XX Papua Tiba di Timika

Wakil ketua 1 bidang pertandingan,arena, dan upacara Sub PB PON Klaster Mimika, Yulianus Sasarari (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Wakil ketua 1 bidang pertandingan,arena, dan upacara Sub PB PON Klaster Mimika, Yulianus Sasarari (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Api Pekan Olah Raga (PON) XX Papua direncanakan tiba di Timika, Kabupaten Mimika, 28 September 2021.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua 1 Bidang Pertandingan, Arena dan Upacara Sub PB PON Klaster Mimika, Yulianus Sasarari kepada awak media, Senin (13/9/2021).

Dijelaskan, api PON diambil dari api abadi di PLTMD Klamono, Sorong, Papua Barat.

Api tersebut rencananya akan dikirabkan keliling sesuai dengan wilayah adat mulai dari Saireri, Meepago, Anim Ha, Lapago dan Mamta.

“Jadi untuk Timika nanti tanggal 28 Api PON akan tiba di Timika, dari Bandara akan diarak ke rumah negara yang nanti akan diterima langsung oleh Bupati Kabupaten Mimika selaku kepala daerah,” jelas Yulianus.

Untuk persiapan nantinya akan diatur oleh Bidang acara PB PON Provinsi dan Sub PB PON Klaster Mimika serta Event Organizer (EO) yang sudah dipilih dari PB PON.

“Nanti akan diarak keliling Timika, supaya masyarakat bisa ikut menyaksikan api PON, kemudian nanti Api akan bermalam entah nanti di rumah negara atau di Kantor Pusat Pemerintahan,” katanya.

Selanjutnya tanggal 29, Api akan diberangkatkan lagi ke daerah berikutnya hingga nanti tanggal 1 Oktober akan tiba di Jayapura.

“Mari masyarakat Mimika kita tunjukan semarak dan tunjukan bahwa kita siap menyambut PON. Kirab Api PON di Mimika diharapkan harus meriah karena ini akan menjadi sejarah, sehingga kita akan lakukan sesuai dengan semangat torang bisa,” pungkasnya.

reporter : Kristin Rejang
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.