60 Pegawai Dishub Mimika Ikut Diklat Pengujian Kendaraan Bermotor

Pegawai Dishub Mimika saat mengikuti diklat pengujian kendaraan bermotor di Mimika, Papua Tengah. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Pegawai Dishub Mimika saat mengikuti diklat pengujian kendaraan bermotor di Mimika, Papua Tengah. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | 60 pegawai di Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) pengujian kendaraan bermotor dasar angkatan II dan orientasi dasar lalu lintas angkutan jalan angkatan I, Kamis (2/3/2023) di salah satu hotel Jalan Yos Sudarso, Timika.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Mimika, Paulus Dumais, mengatakan bahwa berbagai upaya dilakukan Pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Bidang Transportasi. Yangmana Diklat ini salah satunya bertujuan agar SDM mampu meningkatkan pelayanan prima kepada pengguna jasa transportasi baik darat, laut maupun udara.

Dishub Mimika bekerjasama Politeknik Transportasi Darat Bali melaksanakan pelatihan ini. Yangmana politeknik ini merupakan unit pelaksana teknis di lingkungan Kementerian Perhubungan RI dan mempunyai tugas melaksanakan pendidikan dan pelatihan teknis fungsional maupun manajemen di bidang lalu lintas angkutan jalan perhubungan darat.

“Harapan saya peserta diklat mengikuti seluruh kegiatan diklat ini dengan disiplin dan semangat tinggi,” kata Paulus.

Karena itu peran para pegawai Dishub dalam memberikan pelayanan transportasi nantinya baik itu pengujian kendaraan bermotor dan tugas pelayanan di bidang tranportasi darat agar semakin meningkat dengan ilmu yang didapat.

“Diharapkan mampu meningkatkan pelayanan jasa transportasi serta meningkatkan keselamatan transportasi,” harapnya.

Ketua Panitia Diklat sekaligus Kabid Perhubungan Darat pada Dishub Mimika, Mikael Orun, menjelaskan ada banyak manfaat yang akan diperoleh para pegawai mengikuti diklat yang direncanakan berlangsung selama 12 hari ini.

Ia menyebutkan diklat pengujian kendaraan bermotor dasar angkatan II dilakukan dengan tujuan agar peserta memiliki kompetensi memahami tentang peraturan terkait pengujian kendaraan bermotor. Kemudian tentang etika kerja dan standar pelayanan PKB maupun memahami tentang karakteristik kendaraan bermotor.

Sedangkan kompetensi lain yang diperoleh ialah memahami tentang teknologi kendaraan bermotor, teknik pengujian kendaraan bermotor, teknik rancang bangun dan rekayasa kendaraan bermotor, sistem informasi dan manajemen pengujian kendaraan bermotor. Serta memahami juga tentang administrasi dan pelaporan pengujian kendaraan bermotor maupun memahami tentang teknik pengukuran dan penetapan daya angkut kendaraan bermotor.

Untuk orientasi dasar lalu lintas angkutan jalan angkatan I, Mikael menerangkan itu bertujuan memberikan pemahaman kepada pegawai tentang orientasi dan keselamatan LLAJ, perencanaan transformasi, pengenalan pengujian kendaraan bermotor, karakteristik dan rekayasa kendaraan bermotor. Juga memberikan pemahaman tentang survei lalu lintas dan survei angkutan umum, memahami tentang manajemen dan rekayasa lalulintas, dan teknik pengolahan dan analisis data LLAJ.

Tenaga pengajar dalam diklat ini selain berasal dari Politeknik Transportasi Darat Bali, juga dari Direktorat Sarana Transportasi Jalan dan PKBI.

 

penulis : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *