600 Surat Suara DPR RI Hilang di Merauke

Surat Suara Pemilu 2024
Surat Suara Pemilu 2024 (Tangkapan Layar Youtube KPU RI )

MERAUKE | Sebanyak 600 lembar surat suara logistik Pemilu 2024 calon legislatif DPR RI untuk Kabupaten Merauke, Papua Selatan, dilaporkan hilang.

“Kekurangan itu diketahui saat proses pelipatan, penyortiran dan pengesetan yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Merauke dan masih menunggu pergantian dari pusat,” kata Ketua KPU Kabupaten Merauke, Rosina Kebubun, di Merauke, Selasa (6/2/2024).

Sementara itu, Koordinator Divisi Pencegahan Humas dan Partisipasi Masyarakat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua Selatan, Ahmad Muhajir mengatakan, Bawaslu sedang melakukan pengejaran guna mengetahui keberadaannya.

Menurut dia, ratusan surat suara yang hilang itu adalah campuran.

“Saya tidak bisa detil menjelaskan, karena yang turun lapangan sekaligus mengetahui secara pasti dan jelas hilangnya 600 surat suara itu adalah teman-teman Bawaslu Kabupaten Merauke,” ujar Muhajir.

Ia menegaskan, ratusan surat suara hilang itu akan terus dikejar sampai diketahui keberadaannya.

Jika sudah dipastikan keberadaan akan dibongkar sekaligus diketahui 600 surat suara dimaksud, apakah surat suara DPRD kabupaten, provinsi, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) atau presiden-wakil presiden.

“Kami juga belum mengetahui keberadaan 600 surat suara itu. Bawaslu Provinsi Papua Selatan bersama Bawaslu Kabupaten Merauke akan mengejar dengan mencari tahu keberadaannya, sehingga jelas,” tegasnya.

penulis : Hendrik Resi
editor : Wan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *