Musim Hujan Timika Rentan Penyakit Malaria dan Influenza

Rabu, 24 Jul 2019 18:31 WIT
Ilustrasi

TIMIKA | Humas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika Lucky Mahakena mengatakan bahwa penyakit yang rentang terserang selama musim hujan di Mimika adalah malaria dan influenza. 

"Dari 10 jenis penyakit terbesar yang sering dialami masyarakat Mimika dalam musim penghujan yang mendominasi adalah malaria dan influenza," ungkap Lucky kepada Seputarpapua.com, Rabu (24/7) 

Dijelaskan Lucky bahwa keadaan cuaca Mimika yang curah hujannya tinggi membuat warga mudah sakit, sehingga perlu adanya perhatian keluarga lebih untuk selalu menjaga kesehatan. 

"Terutama bisa menjaga kesehatan diri sendiri ketika di rumah ataupun bepergian dalam keadaan hujan," jelasnya

Mungkin hal yang perlu dilakukan agar tidak mudah terserang malaria adalah perbanyak konsumsi air putih, karena jika tubuh kekurangan air, tubuh menjadi lebih sulit mengeluarkan panas mengakibatkan tubuh menjadi tidak sehat. 

Kemudian selalu menjaga kebersihan lingkungan, dan memakai penolak nyamuk seperti memasang korden pada jendela atau menggunakan kelambu saat tidur malam ataupun siang hari. 

Dikatakan, 10 penyakit terbesar rawat jalan RSUD Mimika tahun semenjak tahun 2017, adalah common cold, malaria tropika, dyspepsia, isk, gastroenteritis, malaria tersiana, asthma bronhiale, myalgia, viral infection dan pulputis irresible. 

Sementara untuk 10 penyakit terbesar rawat inap RSUD Mimika adalah dca/gea, cap, malaria tropika, isk, broncopneumonia, TB Paru BTA, Hipocalemia, Malaria tersiana, asthma bronhiale, dan HT GR II. 

Reporter: Hadija Laisouw
Editor: Misba Latuapo

 

 

Kategori:
Bagikan