Berbagi 1000 Takjil Ala Wenda Suryani, ‘Nonis’ Asal Timika

Terlihat Ci Wenda dan timnya saat membagikan takjil kepada masyarakat yang melintas dengan kendaraan maupun yang tengah duduk di emperan jalan. (Foto: Yandri/Seputarpapua)
Terlihat Ci Wenda dan timnya saat membagikan takjil kepada masyarakat yang melintas dengan kendaraan maupun yang tengah duduk di emperan jalan. (Foto: Yandri/Seputarpapua)

TIMIKA | Sore itu Rabu (27/3/2024) cuaca di Kota Timika, Mimika, Papua Tengah, cukup bersahabat. Terlihat seorang wanita berkaos kuning di atas mobil mini bus bak terbuka sedang membagikan takjil.

Dia ialah Wenda Suryani. Di Bulan Ramadan 1445 Hijriah, Ci Wenda sapaan karibnya ini kerap berbagi takjil untuk berbuka puasa.

Takjil yang dibagikan itu dibelinya dari sejumlah pedagang takjil yang tersebar di Kota Timika.

Kali ini ada yang berbeda, wanita Non-Islam atau Nonis ini membagikan takjil berkeliling kota dengan menggunakan mobil mini bus bak terbuka yang dikemudikan suaminya.

Dengan pengawalan mobil Patawal Satuan Lalulintas Polres Mimika, Ci Wenda membagikan 1000 paket KFC.

“Silahkan diambil. Ayo ambil,” ucap wanita asal Makassar keturanan Tionghoa ini.

Tidak sendirian, tetapi Ci Wenda ditemani tim dan karyawan yang bekerja di Toko Kreasi miliknya saat membagi-bagikan takjil.

Diawali dari depan tokonya, Ci Wenda dan rombongan bergerak menelusiri Jalan Yos Sudarso – Leo Mamiri – Bogenvile – Pendidikan dan berakhir di Budi Utomo.

Warga yang melihat kendaraan rombongan Ci Wenda lantas mendekat untuk bisa mendapat berkah Ramadan.

Bahkan adapula pengendara roda dua juga menghentikan kendaraannya agar bisa mendapatkan takjil tersebut.

“Saya satu, saya satu,” terdengar suara dari antusias warga yang mendekati kendaraan Ci Wenda.

Istri dari Marfin Tambun ini terkadang juga menghentikan kendaraannya untuk membagikan takjil kepada anak-anak yang duduk di pinggir jalan.

“Sini dek, ambil ini KFC,” ucap wanita 5 anak ini.

Ada yang menarik dari isi paket KFC yang dibagikan. Jika mereka yang beruntung mendapatkan voucher berhadiah akan mendapat handphone maupun kipas angin yang dapat diambil di toko milik Ci Wenda.

Kepada media ini, Ci Wenda mengungkapkan bahwa kegiatan sosial yang dilakukan ini bukan kali ini saja dilakukan.

Tetapi, sejak mendirikan usaha di Timika tahun 2016, ia dan suaminya kerap melakukan kegiatan sosial dengan sasaran warga yang membutuhkan.

“Sejak kita di Timika sudah sering melakukan kegiatan seperti ini,” kata wanita berusia 36 tahun ini.

Ci Wenda menilai toleransi antar umat beragama di Kabupaten Mimika sangat terjaga. Dengan melihat hal itupun sehingga ia dan suaminya ingin memperkuat rasa toleransi dengan berbagi takjil kepada mereka yang berpuasa.

“Motivasinya untuk warga Timika biar lebih dapat bertoleransi lagi, dan dapat mengikuti juga kegiatan seperti ini,” ujar Ci Wenda.

Marfin Tambun, suami dari Ci Wenda menambahkan, apa yang dilakukan bersama istrinya ini dapat menjadi motivasi bagi yang lain. Dengan harapan, toleransi antar umat beragama dapat terjaga dengan baik sehingga Kabupaten Mimika tetan aman dan damai.

“Apa yang kami lakukan agar menjadi motivasi bagi orang lain yang bisa punya kesempatan untuk berbagi, selain itu juga menjadi simbol toleransi antar kita masyarakat di Kabupaten Mimika,” pungkas Marfin.

editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *