BMKG Timika Jelaskan Kondisi Cuaca Termasuk saat Perhelatan PON

Forecaster On Duty BMKG Mimika, Fitria Nur Fadlilah,S.Si saat menjelaskan mengenai kondisi cuaca di Mimika. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Forecaster On Duty BMKG Mimika, Fitria Nur Fadlilah,S.Si saat menjelaskan mengenai kondisi cuaca di Mimika. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Timika memberikan gambaran cuaca secara umum pada bulan September dan Oktober di wilayah Kabupaten Mimika, Papua.

Forecaster On Duty BMKG Mimika, Fitria Nur Fadlilah, S.Si menjelaskan bulan September ini untuk kota Timika secara umum cuacanya antara berawan hingga hujan.

“Karena memang secara klimatologisnya Timika itu puncak curah hujannya itu kan Juli, Agustus itu puncak tertinggi, kemudian September pun masih lumayan juga curah hujannya,” jelas Fitria saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (14/9/2021).

Dijelaskan lagi, bulan September cuacanya tidak banyak perubahan. Dimana tetap ada potensi terjadinya hujan.

“Dari hari hari sekarang itu cuaca cenderung berawan seperti sekarang berawan banyak dan masih tetap ada potensi terjadi hujan, entah dengan intensitas sedang ataupun lebat, dan kalau untuk bulan ini hampir merata disetiap waktu,” ujarnya.

Diakuinya, kalau bulan Januari dan Februari pihaknya masih bisa pastikan hujan antara sore atau malam.

Namun jika sudah ke bulan Agustus dan September hujannya ada setiap waktu.

“Jadi kalau mau prakiraan akurat yah pastinya ikuti data-data yang update yah, tidak bisa kita prakirakan dari jauh-jauh hari. Paling kita bisa memberikan gambaran secara globalnya kondisi secara umum,” katanya.

Sementara untuk bulan Oktober, lanjut dia, semakin menurun curah hujannya hingga nanti paling rendah di bulan Januari dan Februari.

“Oktober sudah menurun tapi yah masih tetap adalah sedikit-sedikit. Kita akan ikuti terus perkembangannya,” katanya.

Sementara kecepatan angin, kata Fitria, masih dalam kondisi normal. Yaitu masih didominasi dari arah Tenggara pada pagi hingga siang hari, sementara malam hari dari Utara, dini hari mulai dari Timur

“Kesehariannya memang kecepatan anginnya seperti itu,” ujarnya.

Untuk PON XX di Mimika, BMKG juga turut ambil bagian sebagai panitia dengan memberikan informasi cuaca setiap waktu.

“Untuk kelancaran PON yah memberikan informasi cuaca setiap waktu. Seperti yang mereka butuhkan kita memang terlibat baik di lapangan langsung maupun di kantor. Malah bukan hanya setiap hari tapi setiap mereka butuh kita standby, sehingga kita berharap informasi dari BMKG bisa menunjang kelancaran PON,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *