BTM Kembali Pimpin Asprov PSSI Papua

Foto bersama usai kongres. (Foto: Vidi)
Foto bersama usai kongres. (Foto: Vidi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Benhur Tomi Mano kembali terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Asprov PSSI Papua dan Rocky Bebena terpilih sebagai Wakil Ketua Asprov PSSI Papua periode 2022-2026.

Terpilihnya BTM dalam Kongres Biasa Asprov PSSI Papua, di Kota Jayapura, Jumat (27/5/2022) dari 10 Asosisasi Kabupaten (Askab) dan 17 klub sebagai pemilik suara (voters) dalam pemilihan.

Selain dalam kongres pemilihan Ketua Asprov PSSI Papua, ada 3 tambahan anggota klub sepakbola baru dibawah naungan PSSI Papua yakni Persiweja (Mamberamo Raya), Dogiay FC (Dogiay) dan Haruga FC (Mimika). Dan ditetapkan nama baru Persitoli Tolikara menjadi Toli FC.

Termasuk ditetapkan 7 anggota Komite Eksekutif (Exco) yakni Malhai Mabel, Touskha Iba, Daud Arim, Fahrudin Pasolo, Usman G. Wanimbo, Justince Mebri, dan Bobby Yakadewa.

Ketua terpilih Benhur Tomi Mano mengapresiasi kongres dapat berjalan lancar tanpa ada kendala apapun. Dia pun siap mengemban tugas dan siap kembalikan kejayaan sepakbola di tanah Papua.

“Saya terima kasih atas kepercayaan yang diberikan lagi untuk memimpin Asprov PSSI Papua,” singkat BTM usai mengikuti jalannya kongres via zoom, Jumat (27/5/2022).

Ketua komite pemilihan kongres, Fachruddin Pasolo mengapresiasi askab/askot sebagai pemilik hak suara yang telah menyukseskan kongres, meski ada terjadi perbedaan pendapat.

“Penghargaan setinggi-tingginya bagi peserta voter ini. Saya terima kasih karena bisa sukses berjalan dengan mekanisme sidang, sehingga kita bisa memilih ketua, wakil ketua, dan anggota exco asprov PSSI Papua untuk 2022-2026,” ujarnya.

“Kalau tadi dalam persidangan pleno kedua ada dialogis yang cukup alot itu adalah sebuah dinamika di dalam musyawarah,” tambah Pasolo.

Diakui ada calon exco Parson Horota yang menyatakan diri mundur. “Dia lebih memilih untuk memberikan yang lain masuk, jadi luar biasa, karena kemarin dia juga kan sekretaris. Dia melihat karena kita ada kuota 7 anggota exco, sehingga dengan berjiwa besar beliau mengundurkan diri,” tuturnya.

Setelah melalui proses kongres, akan dibuatkan laporan ketua terpilih yang diserahkan kepada PSSI Pusat. “Nanti kita buat semua laporan, untuk kita serahkan ke PSSI Pusat supaya bisa mendapatkan SK kepengurusan yang baru periode 2022-2026,” katanya.

Anggota Exco PSSI Pusat Dirk Soplanit mengapresiasi jalannya tahapan kongres pemilihan mulai dari pembentukan komite pemilihan dan komite banding pemilihan hingga berjalan dengan mekanisme yang baik.

“Kalau ada permasalahan atau calon yang misalnya digugurkan komite pemilihan dinaikkan lagi ke komite banding dan seterusnya, jadi proses untuk masuk ke kongres itu cukup panjang”

“Tapi yang saya lihat bahwa tidak ada persoalan sampai di komite banding, semuanya sampai di komite pemilihan selesai dan tahapan-tahapannya di lakukan dengan baik sampai ketika masuk di kongres pemilihan semuanya berjalan dengan baik, walaupun ada tanggapan-tanggapan itu hal wajar karena tidak semua orang membawa semua statuta PSSI,” tandasnya.

 

reporter : Vidi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.