Bupati Asmat dan Kepala Balai Sentra Gau Mabaji MoU Pelayanan Pasien Rujukan

Bupati Asmat Elisa Kambu bersama Kepala Balai Sentra Gau Mabaji Dr. Subhan Kadir saat akan menandatangani MoU. (Foto: Ist)

ASMAT | Bupati Kabupaten Asmat, Elisa Kambu, bersama dengan Kepala Balai Sentra Gau Mabaji, Dr. Subhan Kadir, pada Sabtu, 28 Maret 2023 telah menandatangani MoU atau nota kesepahaman bersama terkait pelayanan pasien-pasien dari Asmat yang dirujuk berobat ke luar Papua.

Bupati Asmat Elisa Kambu mengaku senang, dan berterimakasih atas atensi dan bantuan yang diberikan Balai Sentra Gau Mabaji, yang merupakan salah satu Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Dirjen Rehabilitasi Sosial pada Kementerian Sosial RI.

Ia mengatakan, dengan adanya MoU ini, pasien-pasien dari RSUD Perpetua J. Safanpo yang dirujuk ke Makassar, Sulawesi Selatan, akan berada ditangan yang tepat. Sebab pasien akan dapat berobat dengan tenang tanpa kesulitan tempat tinggal, kebutuhan pangan dan transportasi, karena didampingi dan dibantu oleh petugas dari Balai Sentra Gau Mabaji.

Advertisements

“Berharap pasien dan keluarga yang mendampangi dapat tenang menjalani perawatan hingga sembuh, sehat dan bisa kembali ke Asmat,” kata Bupati Elisa Kambu.

Penandatanganan MoU antara kedua belah pihak berlangsung di Kantor Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) Sentra Gau Mabaji, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Kepala Balai Sentra Gau Mabaji mengaku akan memfasilitasi dan mengatur penempatan tempat tinggal bagi pasien dan keluarga pendamping pasien dari Asmat, serta menjamin kebutuhan pangan dan kebutuhan dasar sampai pasien bisa kembali ke Asmat.

Yangmana tujuan dari kesepahaman bersama ini adalah, untuk menjamin residensi dari pasien-pasien yang dirujuk oleh RSUD Perpetua J. Safanpo ke luar Papua, yang sifatnya sangat emergency untuk mendapatkan perawatan dari dokter subspesialis.

Balai Sentra Gau Mabaji sendiri mempunyai balai-balai lain yang berlokasi dekat dengan RS Wahidin Sudirohusodo, sehingga sangat membantu proses penanganan pasien rujukan dari Asmat.

Balai Sentra Gau Mabaji juga mempunyai fasilitas pelayanan kesehatan seperti dokter yang siap memeriksa kondisi pasien yang sedang tinggal di Balai Sentra, serta ambulans yang bisa menjamin transportasi pasien saat dibutuhkan.

“Bantuan yang diberikan bukan hanya bantuan kesehatan, tapi sampai kepada pemulasaraan jenazah dan pemakaman jika diperlukan,” pungkas Dr. Subhan Kadir.

Advertisements
penulis : Elgo Wohel
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *