Bupati dan Kapolres Puncak Jamin Keamanan di Wilayah Terdampak Kekeringan

Bupati Puncak Willem Wandik bersama Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia. (Foto: Anya/Seputarpapua)
Bupati Puncak Willem Wandik bersama Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia. (Foto: Anya/Seputarpapua)

TIMIKA | Bupati Kabupaten Puncak, Willem Wandik dan Kapolres Puncak, Kompol I Nyoman Punia, memastikan dan menjamin keamanan di wilayah distrik yang terdampak bencana kekeringan.

Selama terjadi bencana ini, pesawat yang membawa logistik atau bahan makanan hanya bisa sampai di distrik Sinak untuk menurunkan bantuan.

Distrik Lambewi dan Agandugume tak bisa dijangkau langsung tim untuk membawa bantuan menggunakan pesawat, karena alasan keamanan.

Tetapi tadi pagi, Sabtu (29/7/2023), Bupati Willem Wandik mengaku telah membawa bantuan menggunakan pesawat langsung ke Distrik Agandugume.

Bupati pun mengaku saat tiba di Agandugume masyarakat langsung menyambut dengan gembira lantaran sudah menantikan pesawat masuk membawa bantuan.

“Sangat aman sekali, masyarakat sangat merindukan penerbangan harus masuk. Puji Tuhan hari ini kami bisa masuk di Agandugume dengan aman,” kata Bupati Wandik ditemui di Bandara Mozes Kilangin, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Sabtu siang.

Sementara Kapolres Puncak AKBP I Nyoman Punia mengatakan, hari ini sudah ada tiga kali penerbangan ke Agandugume, penerbangan pertama dan ketiga membawa bahan makanan, sedangkan penerbangan kedua membawa mesin genset dan bahan bakar untuk digunakan masyarakat.

Pemkab dan pihak keamanan, kata dia, sudah melakukan rapat koordinasi bersama maskapai, dan pihak maskapai sudah menyanggupi untuk melaksanakan penerbangan ke wilayah terdampak kekeringan dengan adanya jaminan keamanan.

“Masyarakat sudah bikin pernyataan. Masalah keamanan sudah dijamin, nggak usah takut, masyarakat sudah menjamin, tidak ada kelompok lain disana,” kata I Nyoman Punia.

Diharapkan, mulai besok beberapa maskapai sudah bisa melakukan penerbangan langsung ke Agandugume untuk membawa bantuan yang dibutuhkan masyarakat.

“Untuk bahan makanan dari pemerintah pusat, TNI-Polri semua sudah siap dikirim kesana,” pungkasnya.

 

penulis : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *