seputarpapua.com

Bupati Dumapa Beri Nama Tokoh Berjasa untuk Semua Jalan di Dogiyai

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
PANTAU | Bupati Dogiyai Yakobus Dumupa saat melakukan pemantauan pembangunan ruas Jalan Yotapuga-Puweta, Kabupaten Dogiyai. (Foto : Ist/Seputarpapua)
PANTAU | Bupati Dogiyai Yakobus Dumupa saat melakukan pemantauan pembangunan ruas Jalan Yotapuga-Puweta, Kabupaten Dogiyai. (Foto : Ist/Seputarpapua)

TIMIKA| Pemerintah Kabupaten Dogiyai dalam waktu dekat akan memberi nama pada semua ruas jalan yang ada di dalam wilayah Kabupaten Dogiyai.

Namun ada perbedaan dalam pemberian nama pada ruas jalan di Kabupaten Dogiyai.

Dimana Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa telah memutuskan untuk memberi nama menggunakan nama para tokoh setempat dan orang-orang berjasa.

Bupati Dogiyai mengatakan, yang dimaksud dengan para tokoh adalah, para pemimpin masyarakat setempat, yang terbukti berjasa dalam memimpin masyarakatnya. Misalnya, para tonowi di wilayah tertentu.

Sebagai contoh, Yobee Enabii di Ekaudidee, Tebai Togoodega di Mauwa, Goo Gaiyaikawii di Goodide, Boma Toyaikeboo di Edegedidee, dan lain sebagainya.

Sedangkan yang dimaksud dengan para orang berjasa adalah mereka yang berjasa dalam perkembangan beradaban hidup orang Mee di Kabupaten Dogiyai. Sebagai contoh, Bruder Jan Sjerps, OFM, Bruder Karel, OFM, Pater Tilemans, dan lain sebagainya.

“Selain itu, ada satu ruas jalan yang akan diberi nama Drs. Thomas Tigi, untuk mengenang beliau sebagai bupati definitif pertama Kabupaten Dogiyai,” kata Bupati Yakobus melalui siaran persnya yang diterima seputarpapua.com, Jumat (26/3/2021).

Untuk merealisasikan semuanya ini, Bupati Dogiyai telah menugaskan Dewan Adat Mee Kabupaten Dogiyai meneliti dan mempersiapkan nama-nama para tokoh yang layak diberi nama jalan pada masing-masing wilayah.

“Kini Dewan Adat Mee Kabupaten Dogiyai sedang dalam proses mempersiapkan semuanya ini,” katanya.

Berita Terkait
Baca Juga