Bupati Puncak Willem Wandik Sebut Timika Layak jadi Ibu Kota Provinsi Papua Tengah

Bupati Puncak Willem Wandik
Bupati Puncak Willem Wandik

TIMIKA | Bupati Puncak, Provinsi Papua, Willem Wandik menyebut Kota Timika layak menjadi ibu kota Provinsi Papua Tengah.

Saat ini pemekaran tiga Provinsi di Papua yakni Provinsi Papua Tengah, Papua Selatan dan Papua Pegunungan sudah hampir ditetapkan.

Untuk Provinsi Papua tengah sampai kini masih ada permasalahan penetapan ibu kota Provinsi, dimana ada pihak yang mau Nabire dan pihak lain menginginkan di Timika.

Wandik mengatakan, penetapan ibu kota Provinsi Papua Tengah ini masih dibahas, termasuk pada kunjungan Komisi II DPR RI di Jayapura.

“Sampai kemarin tim komisi II datang ke Jayapura ada sedikit beda pendapat baik masyarakat maupun pejabat. Ada yang mau di Timika ada yang mau di nabire sampai hari ini belum,” katanya saat diwawancara di Jalan Perintis, Timika, Senin (27/6/2022).

Wandik menjelaskan, perdebatan lokasi ibu kota ini tidak masalah.

Tetapi jika dilihat dari segi fasilitas, Timika tentu lebih unggul karena memiliki fasilitas yang lengkap.

Menurutnya, kalaupun penetapan di Nabire, akan tetap jalan dan berkembang tetapi butuh waktu.

“Kalau mau cepat maju, saya pikir Timika layak jadi Ibu kota,” kata Wandik.

Bupati Puncak dua periode itu juga berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang memberikan tiga Provinsi pemekaran di Papua.

“Papua dilihat secara khusus dikasih tiga  Provinsi. Ini berkat orang Papua yang akan berkembang,” pungkas Wandik.

 

reporter : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.