Caleg Terpilih Dibolehkan Maju Pilkada 2024 Tanpa Harus Mundur

Komisioner KPU Mimika Divisi Hukum, Hironimus Ladoangin Kia Ruma. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Komisioner KPU Mimika Divisi Hukum, Hironimus Ladoangin Kia Ruma. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Calon legislatif (Caleg) yang terpilih pada pemilu 2024 dibolehkan mencalonkan diri pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Komisioner KPU Mimika, Divisi Hukum, Hironimus Ladoangin Kia Ruma menjelaskan, salah satu syarat untuk menjadi pejabat negara adalah tidak boleh menjabat di lembaga lain. Sehingga, untuk calon legislatif yang baru terpilih dibolehkan untuk mengikuti Pilkada tanpa harus mundur.

Ini karena, posisinya masih merupakan calon terpilih, belum dilantik menjadi anggota legislatif dan juga belum memiliki SK.

Sedangkan untuk anggota DPRD yang saat ini menjabat, jika ingin mengikuti Pilkada diharuskan mengundurkan diri dari jabatannya.

“Kalau dia anggota DPRD itu harus mundur. Kalau yang baru terpilih kemarin tidak perlu mundur karena belum dilantik belum punya SK,” kata Hiro di Timika, Jumat (10/5/2024).

Dia menambahkan, jika orang yang bersangkutan ikut mencalonkan diri pada Pilkada, harus membuat surat pernyataan bahwa ketika sudah ditetapkan sebagai calon kepala daerah, maka harus mengundurkan diri ketika dilantik sebagai anggota DPRD.

“Kalau sudah ditetapkan jadi calkada, ada mekanisme pengganti seperti PAW,“ katanya.

penulis : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *