Dukcapil Mimika Gencarkan Program Goes to School Jelang Pemilu 2024

Pelayanan Dukcapil pada salah satu sekolah di Mimika. (Foto: Dok Dinas Dukcapil Mimika)
Pelayanan Dukcapil pada salah satu sekolah di Mimika. (Foto: Dok Dinas Dukcapil Mimika)

TIMIKA | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, gencar melaksanakan program goes to school di beberapa sekolah di Mimika.

Pelayanan Adminduk ini difokuskan untuk perekaman e-KTP bagi siswa siswi berusia 17 tahun pada 14 Februari 2024.

Kepala Dinas Dukcapil Mimika, Slamet Sutejo mengatakan, hal ini merupakan tindak lanjut instruksi dari Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) bersama Kemendagri RI, agar para pemilih pemula yang berusia 17 tahun terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) dan bisa menyalurkan hak pilihnya karena sudah memiliki e-KTP.

Slamet mengatakan, sejak awal Januari, Dukcapil sudah melayani di berbagai sekolah diantaranya SMA Integral Hidayatullah, SMK Negeri 1 Mimika (Kuala Kencana), SMK Negeri 3 Kesehatan, dan SMA Negeri 6 Mimika.

Sampai saat ini sudah ada 335 orang yang dilakukan pencetakan e-KTP, dan 147 orang membuat KTP Digital.

“Hal ini akan dilakukan terus menerus secara berkelanjutan dengan road show ke sekolah-sekolah lain yang belum dijangkau,” katanya.

Slamet menambahkan, untuk masyarakat umum yang ingin membuat dokumen kependudukan bisa langsung mendatangi loket pelayanan Dukcapil di Kantor Pusat Pemerintahan, maupun kantor distrik yang sudah terkoneksi dengan Dukcapil, diantaranya Distrik Tembagapura, Distrik Kwamki Narama, Distrik Kuala Kencana, Distrik lwaka di Balai Kampung Limau Asri Timur, Distrik Wania, Distrik Mimika Baru, Distrik Mimika Timur di Mapurujaya, Distrik Mimika Tengah di Atuka serta Distrik Mimika Barat di Kokonau.

“Dukcapil juga ada pelayanan kolaborasi dengan Kelurahan Sempan, Kelurahan Kwamki, Kelurahan Dingo Narama, dan Kelurahan Pasar Sentral. Ataupun melalui akses layanan online berbasis Whatshap ke Orlando dan Si Lincah Dukcapil Mimika,” jelasnya.

penulis : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *