Gunakan Kendaraan Roda Tiga, Polisi Patroli Kota Agats Amankan Festival Asmat

Kapolres Asmat, AKBP Agus Haryadi saat ditemui awak media usai penutupan Festival Asmat Pokman ke-35, di Kota Agats, Rabu (12/10/2022). (Foto: Martha/Seputarpapua)
Kapolres Asmat, AKBP Agus Haryadi saat ditemui awak media usai penutupan Festival Asmat Pokman ke-35, di Kota Agats, Rabu (12/10/2022). (Foto: Martha/Seputarpapua)

AGATS | Kepolisian dan TNI sukses mengamankan kamtibmas selama penyelenggaraan Festival Asmat Pokman ke-35, meski dengan personel yang terbatas.

Kapolres Asmat AKBP Agus Haryadi, mengatakan personel yang dilibatkan untuk acara sebesar ini sebanyak 100 orang.

Personel ini terdiri dari 65 anggota polisi dan 35 anggota TNI.

“Secara umum semua personel baik polisi maupun TNI di sini terpantau kompak dan solid. Untuk festival ini ada beberapa titik yang kami perkuat pengamanannya yaitu di tiga pintu keluar-masuk,” kata Agus usai festival ditutup, Rabu (12/10/2022).

Ada empat personel polisi wanita yang juga bertugas mengamankan festival. Bersama polisi lainnya, para personel ini tidak bersenjata. Sehingga sangat memiliki kesan humanis.

Menurut Agus, Polisi di Kabupaten Asmat berpatroli menggunakan sepeda motor roda tiga. Alasannya karena kondisi jalan di ‘Kota Seribu Papan’ ini tidak memadai jika ingin menggunakan kendaraan roda empat.

“Untuk kendaraan roda empat ini tidak bisa karena lebar jalan tidak memenuhi syarat. Cuma sampai tiga meter sama dua meter, kalau dipakai kendaraan roda empat, nanti tidak bisa lewat,” kata Agus.

Menurut Agus, Festival Asmat Pokman ini sangat unik, karena menghadirkan berbagai jenis seni, seperti seni tari, seni musik, dan seni rupa yang sangat tradisionil berdasarkan penghayatan budaya.

“Harapannya kedepan bisa diadakan lagi dengan lebih efektif dan kreatif sehingga bisa mendatangkan banyak wisatawan dari luar Papua bahkan wisatawan luar Indonesia,” pungkasnya.

 

penulis : Martha
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *