Hasil Musrenbang Mimika, Estimasi Pagu Anggaran Rp10,3 Triliun Lebih

Pelaksanaan Musrenbang RKPD Mimika Tahun 2025, di Kantor Bappeda Mimika, Kamis (28/3/2024). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)
Pelaksanaan Musrenbang RKPD Mimika Tahun 2025, di Kantor Bappeda Mimika, Kamis (28/3/2024). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) akhirnya menyelesaikan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025.

Musrenbang RKPD 2025 digelar sejak Selasa 26 Maret 2024 ditutup hari ini, Kamis (28/3/2024) di Kantor Bappeda Mimika di Jalan Cendrawasih.

Musrenbang RKPD menghasilkan 142 Program Kegiatan (Pokok) dengan total estimasi pagu anggaran Rp10,3 triliun lebih.

Advertisements

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Yohana Paliling mengatakan, hasil Musrenbang RKPD 2025 masih akan dirasionalisasi lagi oleh tim anggaran.

“Kita rasionalisasi menyesuaikan kapasitas anggaran dan prioritas pembangunan kita di tahun depan, melihat juga arahan dari pusat soal pengentasan kemiskinan, stunting dan SPM,” katanya.

Dikatakan, Musrenbang tahun ini pihaknya melibatkan lembaga adat Amungme dan Kamoro.

“Tahun ini (lembaga adat) lebih aktif, mereka malah berbagi (tugas untuk mendengar usulan masyarakat) bahkan mereka ada yang sudah siapkan tim, kami pun berterima kasih,” katanya.

Kepala Bidang (Kabid) Infrastruktur dan Kewilayahan Bappeda Mimika, Scienray A Morin memaparkan total 142 program terdiri dari kegiatan bidang pemerintahan dan pembangunan manusia 67 program, bidang ekonomi dan penelitian 39 program, bidang infrastruktur kewilayahan sebanyak 26 program.

Sementara jumlah kegiatan dalam program tersebut berjumlah 309 dan sub kegiatan 2507 dengan total pagu anggaran sebesar Rp10.375.593.117.982.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan