Jelang Perayaan Imlek 2024, Ini Pesan Ketua PSMTI Mimika

ilustrasi
Ilustrasi (Foto: Freepik.com)

TIMIKA | Perayaan Imlek 2575 atau tahun 2024 yang jatuh pada 10 Februari mendatang menurut Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Mimika periode 2023-2027 Rusli Gunawan akan menampilkan Shio Naga Kayu.

Gunawan sapaan akrabnya memaparkan saat ini dalam tahun kalender Tiongkok masih masuk dalam tahun Kuda Air. Sementara Tahun Naga Kayu akan dimulai setelah perayaan Imlek.

“Hari ini masih (tahun) Kuda nanti tanggal 10 Februari 2024 baru masuk dengan Naga Kayu,” katanya saat ditemui wartawan di ruko miliknya yang berada di Jalan Budi Utomo, Mimika, Kamis (8/2/2024)

Gunawan melanjutkan, dalam budaya Tiongkok, Naga merupakan salah satu hewan mitos yang melambangkan kebesaran.

“Naga adalah lambang hewan tertinggi, hal itu terbukti dari banyaknya lambang kebudayaan Tiongkok yang menggunakan Naga,” ungkapnya.

Tahun Shio Naga ini akan disambut dan dirayakan meriah di Tiongkok. Pun begitu, Gunawan berpesan kepada masyarakat khususnya pengusaha untuk berhati-hati.

“Untuk Tahun Naga ini, sebagai kita pengusaha memang ada identik dengan kehati-hatian dengan pengertian (jika) ada niatan memperluas usaha atau ingin membuat usaha baru harus hati-hati,” jelasnya.

Selain dalam berhati-hati para pengusaha juga diminta untuk berkhidmat atau memperhitungkan segala faktor yang mungkin akan berpengaruh kepada usaha.

“Kita pengusaha kan sudah ada (usaha) kalau mau alternatif usaha lain lagi atau memperlebar (itu harus hati-hati) karena Tahun Naga ini (karakternya) sangat panas dan identik dengan suatu kekuasaan, hewan yang memang dilambangkan dengan suatu kekuasaan,” terangnya.

Selain berkhidmat, Gunawan mengyebut masyarakat dan pengusaha diminta untuk banyak meminta petunjuk kepada Tuhan menurut kepercayaan masing-masing, sebelum memulai sesuatu di tahun Naga ini.

“Jadi kalau mau mulai usaha yang baru berkhidmatlah, minta petunjuk gunakan modal yang ada, jangan coba-coba kredit,” tuturnya.

Gunawan menambahkan, berdasarkan hasil pertemuan pengurus PSMTI diputuskan bersama tahun ini pihaknya meniadakan perayaan Imlek 2024.

“Kami dari PSMTI bukan tidak merayakan, tapi kami tiadakan untuk perayaan secara umum. Tetapi kami himbau ke warga kami silahkan secara kekeluargaan karena itu memang budaya,” ujarnya.

Alasan peniadaan perayaan Imlek secara umum tahun 2024 ini karena pada perayaan Imlek mendekati agenda negara yakni Pemilu.

“Karena tanggal 10-14. Itu juga sudah masuk minggu tenang kami menghormati kami mengindahkan Pilpres ini. Secara internal silahkan. Kami tidak larang,” tutupnya.

Dilansir dari China Highlights Shio naga kayu pada Imlek tahun 2024 memiliki arti pertama Shio Naga dalam budaya Tiongkok atau Tionghoa sering dianggap sebagai makhluk mitos yang memiliki kekuatan dan kebijaksanaan. Shio naga sering dikaitkan dengan keberanian, kepemimpinan, dan keberuntungan.

Kemudian unsur Kayu dalam astrologi Tionghoa, unsur kayu melambangkan pertumbuhan, kehidupan, dan inovasi. Kayu juga dikaitkan dengan sifat-sifat seperti fleksibilitas dan kreativitas.

Jadi, kombinasi Shio Naga dengan unsur kayu pada 2024 menunjukkan tahun yang diprediksi penuh dengan keberanian, pertumbuhan, dan inovasi. Orang yang lahir dalam tahun ini mungkin diberkahi dengan sifat-sifat kepemimpinan, kemampuan beradaptasi, dan keberuntungan dalam usaha mereka.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *