Kapal DPL Temukan Titik Baru Kerusakan Kabel Optik Merauke-Timika di Km 620

Kapal Dnex Pacific Link bergerak ke titik baru km 620 Merauke-Timika. (Foto: Dok Telkom Merauke)
Kapal Dnex Pacific Link bergerak ke titik baru km 620 Merauke-Timika. (Foto: Dok Telkom Merauke)

MERAUKE | Kabar terbaru, Kru Kapal Dnex Pacific Link (DPL) kembali menemukan titik baru kerusakan kabel optik SKKL SMPCS di ruas yang sama Merauke-Timika, namun di km 620 dari STO Merauke (area dekat Timika).

Padahal, Telkom telah merilis bahwa proses perbaikan kabel optik bawah laut SKKL SMPCS sudah mencapai tahap final, penyambungan kabel dan pengetesan fungsi.

Namun, sekitar pukul 20.10 WIT, Jumat 2 Februari 2024, AVP External Communication Telkom Sabri Rasyid kembali merilis informasi bahwa teknisi perbaikan kabel optik ruas Merauke-Timika kembali menemukan titik baru kerusakan yang menyebabkan jaringan internet belum bisa normal hari ini, Sabtu (3/2/2024).

Advertisements

Menurut Sabri, teknisi masih sedang memperbaiki kabel optik di atas kapal DPL di jarak 138 km dari Merauke-Timika dan mengidentifikasi titik baru gangguan kabel optik tersebut.

“Sebagaimana kami sampaikan sebelumnya bahwa dengan progres yang ada prediksi awal kami layanan bisa segera normal, Sabtu atau Minggu besok ini. Proses penyambungan perbaikan Sistem Kabel Optik Bawah Laut di titik gangguan km 138 dari STO Merauke di kedalaman 42 km telah dilakukan hari ini, Jumat,” kata Sabri.

Selanjutnya, setelah pengetesan hasil penyambungan, ditemukan titik baru gangguan, sehingga layanan internet dan komunikasi belum bisa normal segera.

Hasil penelusuran dan pengujian, ditemukan titik putus baru pada km 620 dari Merauke (masih di ruas yang sama, area dekat Timika).

“Kami memohon maaf, dan saat ini kapal Dnex Pacific Link menuju titik gangguan baru. Mohon dukungan dan doanya semoga berjalan lancar dan segera pulih kembali,” pintanya.

penulis : Hendrik Resi
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *