Kapolda Papua: Pilkada Boven Digoel Berjalan Aman

PANTAU | Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw meninjau langsung Pilkada di Boven Digoel, pada Senin 28 Desember 2020. (Foto: Ist)
PANTAU | Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw meninjau langsung Pilkada di Boven Digoel, pada Senin 28 Desember 2020. (Foto: Ist)

MERAUKE | Kapolda Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw mengatakan, pemilihan kepala daerah Kabupaten Boven Digoel yang di gelar Senin (28/12) berjalan dalam situasi aman kondusif. 

“Pada pilkada susulan kemarin di Boven Digul berjalan baik, penyelenggara juga di sana berlapis, mulai dari Bawaslu hingga KPU. Mereka menjalankan tugas dengan baik,” kata Kapolda di Merauke, Selasa (29/12). 

Menurut Kapolda, aparat keamanan tidak mau kecolongan kembali, dengan kerusuhan yang terjadi beberapa waktu lalu menjelang pilkada di Kabupaten Boven Digoel. 

Advertisements

Untuk itu, jendral bintang dua ini menambahkan, ada penambahan pasukan baik TNI maupun Polri pada pilkada susulan kamarin di Boven Digoel. 

“Karena dianggap rawan kita telah mempertebal pengamanan disana, untuk mencegah kerusuhan susulan,” ujarnya. 

Kapolda menambahkan, tekait dengan kerusuhan beberapa waktu lalu, pihaknya masih terus menjejaki dan memperdalam penyeledikan. 

Dikatakan, semua dalam proses pembuktian, sehingga terlepas dari kepentingan politik. Untuk itu, berkaitan dengan kasus melawan hukum tetap akan di proses.  

“Soal ada dalang dalam kerusuhan itu masih didalami. Sudah ada tim di sana, ada Direktur Reskrimhum, Irwasda dan ada beberapa pejabat Polda Papua disana. Mereka masih bekerja disana,” pungkas Kapolda.

Pilkada Boven Digoel diikuti empat pasangan calon bupati dan wakil bupati yakni paslon Lukas Ikwaron-Lexi Romel, paslon Chaerul Anwar-Nathalis B Kaket, paslon Martinus Wagi-Isak Bangri dan paslon Yusak Yeluwo -Yacob Waremba.

Jumlah pemilih tercatat 36.882 yang tersebar di 220 TPS yang tersebar di 20 distrik.

Advertisements

 

Reporter: M. Dul
Editor: Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan