Kembali Gelar LKTD Gelombang ke 2, Panitia: Harus Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Peserta terbaik pada LKTD gelombang ke 2 yang digelar Binterbusih selaku mitra YPMAK. (Foto: Humas YPMAK for Seputarpapua)
Peserta terbaik pada LKTD gelombang ke 2 yang digelar Binterbusih selaku mitra YPMAK. (Foto: Humas YPMAK for Seputarpapua)

TIMIKA | Setelah sebelumnya menggelar kegiatan Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) gelombang ke 1, Yayasan Bina Taruna Indonesia Bumi Cenderawasih (Binterbusih) yang merupakan mitra dari Yayasan Pemberdayaan Amungme dan Kamoro (YPMAK) pengelola Dana Kemitraan PT Freeport Indonesia, kembali mengadakan LKTD gelombang ke 2.

LKTD gelombang ke 2 ini diikuti sebanyak 41 mahasiswa penerima beasiswa YPMAK yang melakukan studi di Semarang, Ungaran, Salatiga, Jakarta, dan Bandung.

Kegiatan LKDT gelombang ke 2 digelar sejak 30 Agustus sampai 2 September 2023 di Griya Asisi, Bandungan, Ambarawa, Jawa Tengah.

Advertisements

Materi LKTD gelombang ke 2 tidak jauh berbeda dengan gelombang ke 1, yakni pidato (public speaking), kesekretariatan, kepemimpinan pribadi, dan materi organisasi.

Dalam mengikuti kegiatan tersebut mahasiswa dituntut untuk menerapkan pola hidup disiplin dan teratur, mengikuti peraturan yang ketat, dan diberikan banyak tugas. Di mana selama empat hari kegiatan ini, para peserta sangat antusias dan memberikan usaha terbaiknya dalam mengikuti semua materi yang diberikan.

Salah satu perwakilan peserta, Delfinus Omabak, mengaku sangat terkesan usai mengikuti kegiatan LKTD gelombang ke 2 ini.

“Sangat menarik kegiatan ini, walaupun ada kurang lebihnya. Namun kami akan mengambil sisi baiknya, karena materi-materi yang diberikan pasti bermanfaat bagi perkuliahan, lingkungan, serta masa depan,” kata Delfianus, seraya mengucapkan terimakasih kepada panitia yang telah memberikan bimbingan selama 4 hari.

Sementara itu, perwakilan dari panitia (pendamping) menyampaikan bahwa terdapat kesulitan dalam dalam memberikan bimbingan dan instruksi kepada peserta pada awal kegiatan. Meski begitu, pada akhirnya mereka bisa bersama-sama dan menjadi pribadi yang lebih baik ketimbang pada saat awal-awal kegiatan.

Ketua Yayasan Binterbusih, Pascalis Abner menyampaikan ucapan selamat bagi seluruh peserta yang telah menyelesaikan rangkaian kegiatan LKTD gelombang ke 2 ini.

“Kita disini adalah orang-orang pilihan, karena awalnya yang mendaftar 60, namun sampai disini banyak yang berhalangan hadir. Jadi, selamat untuk teman-teman pilihan yang sudah menyelesaikan proses,” ujar Pascalis dalam sambutan penutupan kegiatan LKDT gelombang ke 2.

Advertisements

Panitia juga memberikan apresiasi kepada empat peserta terbaik selama kegiatan, mereka adalah Fitalia Tumuka menjadi terbaik pertama, dilanjutkan dengan Yuliana Wafom sebagai peserta terbaik kedua, Amandus Tewa peserta terbaik ketiga, dan Fransiska Iriani Intan peserta terbaik keempat.

penulis : Mujiono
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan