Kenapa Harus Nanti, Ayo Warga Mimika Segera Bayar Pajak Diawal Tahun, Bisa Via Online

Kepala Bapenda Kabupaten Mimika, Drs. Dwi Cholifah, M.Si. (Foto: Dok/Seputarpapua)
Kepala Bapenda Kabupaten Mimika, Drs. Dwi Cholifah, M.Si. (Foto: Dok/Seputarpapua)

TIMIKA | Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Mimika, Papua terus memberi kemudahan bagi wajib pajak untuk melakukan pembayaran pajak.

Pembayaran online (online payment) ini berlaku untuk 10 jenis pajak daerah mulai pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak penerangan jalan, pajak parkir, pajak air tanah, pajak mineral bukan logam dan batuan, PBB-P2 dan BPHTB.

Saat ini Bapenda telah bekerja sama dengan Bank Papua dan Bank Mandiri, dimana pembayaran di kedua bank ini bisa dilakukan di teller, ATM maupun mobile banking.

Selain kedua bank ini, pembayaran 10 jenis pajak bisa juga dilakukan melalui aplikasi gopay.

“Sekarang sudah bisa bayar pajak via Bank Mandiri dan Papua via teller, ATM dan M-banking dan juga melalui gopay,” kata Kepala Bapenda Dwi Cholifah di Timika, Selasa (22/3/2022).

Dwi juga menambahkan, jika pembayaran pajak bisa dilakukan diawal tahun, kenapa harus menunggu nanti.

Kedepan Bapenda juga akan bekerjasama dengan Kantor Pos untuk menjangkau daerah-daerah pesisir dan pedalaman.

Dwi menjelaskan, untuk pembayaran PBB wajib pajak harus memasukkan nomor objek pajak (NOP). Sedangkan untuk sembilan jenis pajak lainnya memasukkan kode bayar yang bisa diambil di Bapenda.

Lanjutnya, sistem pajak ada dua yakni self asesment dan office asesment. Self asesment ialah nilai pajak yang ditentukan sendiri oleh wajib pajak. Sedangkan Office asesment ditetapkan oleh Bapenda.

“Mereka kita kasih surat SPTPD mereka isi sendiri mereka hitung sendiri mereka bayar sendiri. Pada saat mau bayar mereka harus ke Bapenda dulu untuk ditetapkan, pada saat ditetapkan itu dapat kode bayar,,” jelas Dwi.

Dwi menambahkan, untuk struk pembayaran jika dilakukan di ATM agar jangan sampai hilang karena ittu akan menjadi bukti pembayaran.

“Kalau bayar online payment itu kan ada masuk di email kan gak bisa hilang,” tambahnya.

reporter : Anya Fatma
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.