Klinik Bergerak, Cara Dinkes Mimika Melayani di Pesisir Mimika

Klinik Bergerak, Cara Dinkes Mimika Melayani di Pesisir Mimika
Tim Klinik Bergerak saat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah pesisir Mimika. (Foto: Ist/Sekdinkes Marcelino Mameyau)

TIMIKA | Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika terus berusaha memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal dari kota, pegunungan hingga pesisir.

Setelah beberapa waktu lalu meresmikan Rumah Sakit Tipe D di wilayah gunung tepatnya di Kampung Waa Banti, Distrik Tembagapura, Dinkes Mimika juga menjalankan program tertentu bagi masyarakat di pesisir Mimika yang tidak terjangkau oleh Puskesmas.

Sekretaris Dinas Kesehatan Mimika Marcelino Mameyau mengungkapkan program itu disebut dengan Klinik Bergerak atau pelayanan kesehatan bergerak.

Advertisements

Saat ini, klinik bergerak telah berjalan untuk memberikan pelayanan kesehatan di wilayah pesisir bagian Timur, yakni Distrik Jita, tepatnya di Kampung Wacakam dan Aparuka.

“Saat ini tim sedang berjalan ke arah wilayah Yapakopa, Aindua dan Ararau,” katanya saat ditemui wartawan di Hotel Horison Ultima, Selasa (31/10/2023).

Marcelino melanjutkan tim klinik bergerak terdiri dari dokter, sanitasi, gizi, perawat dan bidan. Tim bertugas memberikan pelayanan mobile selama lima hari di kampung yang tidak terjangkau pelayanan Puskesmas di wilayah pesisir.

Ditanya alasan pihaknya membentuk klinik bergerak adalah untuk membantu pelayanan Puskesmas yang kadang terbatas dan tidak bisa menjangkau kampung tertentu.

“Ini sudah 4 tahun terakhir berjalan, contohnya kampung Wacakam itu kan perbatasan Asmat dengan Mimika, jadi kami harus pergi,” katanya

penulis : Fachruddin Aji
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *