Koalisi Partai dan Relawan Prabowo-Gibran Serahkan SK Dukungan ke KPU Mimika

Partai Koalisi Indonesia Maju Mimika saat menyerahkan SK sekaligus surat tanda dukungan capres-cawapres Prabowo-Gibran kepada KPU Mimika yang diwakili oleh Komisioner KPU Mimika Divisi Sosialisasi dan SDM, Fidelis Piligame, Jumat (19/1/2024). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)
Partai Koalisi Indonesia Maju Mimika saat menyerahkan SK sekaligus surat tanda dukungan capres-cawapres Prabowo-Gibran kepada KPU Mimika yang diwakili oleh Komisioner KPU Mimika Divisi Sosialisasi dan SDM, Fidelis Piligame, Jumat (19/1/2024). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA | Sejumlah partai politik (parpol) dan relawan yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju Kabupaten Mimika, Jumat (19/1/2024), menyerahkan surat keputusan (SK) sebagai tanda pemberitahuan kepada KPU Mimika bahwa mereka adalah koalisi pendukung capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabumingraka.

Ada delapan partai yang hadir dalam penyerahan tersebut, yakni Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Garuda, PAN, PSI, PBB, dan Gelora. Kemudian terdapat empat kelompok relawan yakni Gibranku, Pranusa, (relawan) 08, dan RJBBP.

Penyerahan SK itu diterima langsung Komisioner KPU Mimika Divisi Sosialisasi dan SDM, Fidelis Piligame, di Kantor KPU Mimika, Jalan Hasanuddin, Mimika, Papua Tengah.

Fidelis yang ditemui disela-sela kegiatan menerangkan tujuan penyerahan SK, selain sebagai penegasan sejumlah partai tersebut sebagai pendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 2, juga sebagai tanda pemberitahuan dukungan mereka.

“Mereka datang menyerahkan surat dukungan sekaligus pemberitahuan ke publik (bahwa) mereka termasuk tim pemenangan Prabowo-Gibran,” katanya.

Adanya penyerahan SK dukungan partai koalisi agar KPU Mimika mengetahui pihak-pihak yang mendukung paslon nomor urut tertentu, juga berhubungan dengan pemberitahuan jadwal kampanye.

“Artinya supaya KPU (beritahukan) mereka punya jadwal kampanye, karena kita (perlu) tahu berapa mobilisasi massa, berapa partai politik pendukung, kan itu harus diperhitungkan,” terangnya.

Tujuan perhitungan tersebut agar dalam pembagian jadwal kampanye hingga lokasi kampanye dapat diatur KPU dengan baik.

Sejauh ini, kata Fidelis, baru ada satu koalisi pendukung capres-cawapres yang memberitahukan dukungan mereka ke KPU Mimika.

Ketua Partai Gerindra Mimika sekaligus Ketua Koalisi Indonesia Maju, Elminus B. Mom menyatakan bahwa mereka dari delapan partai yang mendatangi KPU Mimika adalah partai koalisi pendukung Prabowo-Gibran. Langkah selanjutnya yang akan dilakukan mereka adalah mempersiapkan kampanye.

“Kampanye umum kami tunggu dari jadwalnya, karena kami tidak bisa jalan begitu saja. Harus dengar dari KPU, kalau kita sendiri yang melangkah itu akan melanggar,” katanya.

Sementara Ketua Partai Garuda Mimika sekaligus Sekretaris Partai Koalisi Indonesia Maju Kabupaten Mimika, Litinus Enagabal, menegaskan bahwa pemberitahuan ini adalah wujud persatuan koalisi dari pusat hingga ke daerah untuk memenangkan Prabowo-Gibran.

Ia berharap, setelah adanya pemberitahuan ini ke KPU, ke depan koalisinya bisa berkampanye dengan bebas sesuai jadwal yang ditentukan KPU.

Di Mimika, kata dia, terdapat delapan partai koalisi yang secara nasional ada sembilan partai telah berkomitmen untuk memenangkan pasangan capres-cawapres nomor urut 2.

Dengan adanya dukungan relawan yang terdiri dari Gibranku, Pranusa, 08 dan RJBBP, Litinus optimis bisa memenangkan Prabowo-Gibran dalam satu putaran.

penulis : Fachruddin Aji

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *